Advertisements

Donuts: penyelenggara pendaftaran domain ekstensi baru (gTLDs) melepas 1,4 juta nama cantik yang sebelumnya disimpan

donuts-logo-Mulai tanggal 10 Juni ini, perusahaan Donuts sebagai penyelenggara pendaftaran nama domain ekstensi baru (gTLDs) terbesar di dunia, seperti .camera, .deals, .limo, .movie, .photos dan .technology, melepas sekitar 1,4 juta nama cantik yang sebelumnya ditahan.

Nama-nama cantik sebelumnya disimpan oleh Donuts dengan alasan mengganggu lalu lintas Internet dan sistem nama domain (DNS). Tetapi setelah lebih dari satu tahun gTLDs dirilis ke publik, dan ada sekitar enam juta nama domain yang sudah didaftarkan, maka penggunaan nama ekstensi baru semakin ramai. Demikian pula, peneliti belum menemukan bukti-bukti konkret bahwa gTLDs mengacaukan jaringan Internet.

Perusahaan Donuts juga ingin mempopulerkan domain ekstensi baru ke masyarakat, sehingga melepas 1,4 juta nama cantik akan meningkatkan penjualan. Hal ini sekaligus menunjang penggunaan gTLDs sebagai alamat situs web yang dapat diakses di seluruh dunia.

Selain nama-nama cantik yang akan dilepas mulai minggu ini, pada awal bulan September, Donuts berencana melelang ribuan nama yang terdiri atas dua huruf atau dua nomor. Kalau nama yang terdiri atas dua huruf akan lebih mahal, namun nama cantik akan dijual dengan harga standar.

Walaupun lebih banyak nama-nama cantik dan nama dua karakter akan tersedia untuk khalayak umum, penggunaan domain ekstensi baru belum mampu bersaing dengan ekstensi .com yang sudah diluncurkan 30 tahun yang lalu. Hampir semua perusahaan masih tetap mengandalkan .com sebagai nama situs web mereka.

(Image: top right, Donuts logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s