Advertisements

PokitDok: meningkatkan transparansi biaya, supaya pasien dapat melakukan penelitian dan membeli layanan kesehatan

pokitdok-logoBiaya perawatan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit dan klinik seringkali disampaikan kepada pasien secara terselubung. Pasien tidak tahu harga apa-apa sampai setelah menerima perawatan. Apalagi bagi pasien yang tidak memiliki asuransi ataupun bagi pasien yang harus membayar persentase deductible yang tinggi. Bisa jadi ada sebagian pasien menghabiskan biaya lebih dari 50 persen yang semestinya dibayarkan, karena layanan kesehatan yang disediakan mungkin melebihi dari yang dibutuhkan.

PokitDok hadir sebagai wadah yang memberikan kemudahan bagi pasien untuk mengontrol layanan kesehatan mereka. Secara singkat PokitDok bertindak sebagai pasar layanan kesehatan. Pasien terhubung langsung dengan dokter di sekitar tempat tinggal mereka. Pencari layanan kesehatan dapat membandingkan pilihan pengobatan, metode layanan, nama dokter, dan daftar harga untuk setiap layanan kesehatan.

PokitDok membangun situs website yang dapat diakses lewat web dan aplikasi perangkat seluler (iOS). Situs ini memungkinkan pasien melakukan penelitian dan secara otomasi membeli layanan kesehatan dengan penyedia yang cocok. Melalui situs tsb. pasien membandingkan pilihan dan mendapatkan penawaran harga langsung dari daftar dokter terdekat, dokter gigi, ahli pijat, ahli akupuntur, dan spesialis lainnya. Tampilan harga, layanan, dan nama dokter memberikan kejelasan dan transparansi kepada pasien yang sangat membutuhkan informasi, apalagi bagi pasien yang sedang berencana mencari pengobatan.

pokitdok-homepage-screenshotSetiap dokter dianjurkan untuk memasang satu halaman layanan mereka di PokitDok dan mencantumkan spesifikasi dan keahlian. Halaman situs ini diberikan secara cuma-cuma. Untuk penyedia layanan kesehatan dan dokter, halaman situs ini berfungsi sebagai platform pemasaran jitu. Disamping itu juga memudahkan pasien yang sedang melakukan pencarian online dan berpotensi meraih pasar pasien baru.

Sejak didirikan pada tahun 2011, PokitDok memiliki kantor pusat di Menlo Park, Silicon Valley dan cabang di Charleston, South Carolina. Startup ini menyatakan sudah mendaftarkan lebih dari 1.000 tempat praktek dan klinik, termasuk layanan primer, perawatan lanjutan, dan tempat bedah. PokitDok juga menjalin kemitraan dengan ikatan dokter United Physicians, sehingga para dokter dapat memasang tarif harga, memudahkan pasien memesan dan membuat janji dengan klinik dan dokter terdekat.

Melihat potensi layanan ini, investor juga bersedia menanam modal di startup ini. Minggu ini PokitDok menerima $4 juta dollar dalam hal pendanaan putaran pertama (Seri A). Pendukung modal terdiri atas New Atlantic Ventures dan Rogers Venture Partners. Sebelumnya pada tahun 2012, startup ini sudah menerima modal awal sejumlah $1,35 juta dollar dari kelompok investor, termasuk Subtraction Capital, Zac Zeitlin dan FFP Holdings.

Singkatnya, bisnis model yang dipakai oleh PokitDok memiliki potensi untuk meraup pasar yang sangat luas. Dengan perubahan premi asuransi kesehatan yang semakin hari semakin mahal, banyak konsumen mencari solusi dengan menekan premi bulanan yang rendah dan pihak penyelenggara asuransi hanya bersedia menanggung sebagian ongkos kesehatan. Ini mengakibatkan konsumen betul-betul melakukan perbandingan harga sebelum menghabiskan uang mereka sendiri untuk membayar rumah sakit dan klinik. Untuk membatasi budget, semakin banyak pasien yang mengadopsi rencana kesehatan mereka dengan melakukan penyelidikan lebih teliti dalam rangka mengurangi biaya perawatan dan mencari dokter yang cocok.

(Images: top right, PokitDok logo; middle, PokitDok homepage screenshot; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s