Advertisements

Proven: membantu pengguna ponsel mencari lowongan pekerjaan melalui situs karir dan menawarkan cara baru membuat resume dan surat lamaran

proven-logoPada umumnya pegawai tidak tetap atau juga disebut sebagai tenaga kerja lepas lebih banyak menghabiskan waktu mereka berpindah dari satu tempat kerja ke tempat kerja lainnya, sehingga mereka tidak sempat lagi mengakses desktop komputer untuk mengunjungi situs karir dan mencari peluang baru. Yang dimaksud dengan pegawai tidak tetap antara lain, server restoran, pelayan bar, pembersih rumah, penjaga toko ritel, dan lain-lain. Tak perlu disangsikan lagi bahwa kebanyakan mereka pasti memiliki ponsel. Disamping menghabiskan waktu berpindah-pindah tempat pekerjaan, mencari pekerjaan baru juga sangat memakan waktu.

Proven ingin membuat hidup pengguna aplikasi ponsel pintar (smartphone) lebih mudah dan berprinsip bahwa ketika pencari kerja lepas sedang mengambil waktu istirahat sebentar di ruang makan atau merokok, sedang naik bus kota, ataupun sedang duduk di ruang tunggu, mereka masih sempat menggunakan ponsel untuk mencari lowongan pekerjaan melalui situs karir terkemuka seperti Craigslist atau Indeed.com. Proven ingin membantu pencari kerja lepas untuk segera melihat peluang pekerjaan baru, dan mengalahkan kerumunan orang banyak yang juga memperebutkan suatu pekerjaan yang sama.

Proven-iOS-screenshotMinggu lalu Proven memperbarui aplikasi versi Android dan iOS, dan menawarkan cara baru untuk melamar pekerjaan. Cara lama, pencari kerja mesti memiliki resume yang sudah dibangun dengan menggunakan word processor seperti MS Word, tetapi sekarang Proven menawarkan cara baru membuat resume dan surat lamaran melalui aplikasi di dalam ponsel pintar. Resume dan surat permohonan kerja disimpan di perangkat ponsel, sehingga dapat segera dimodifikasi dan dikirim ke berbagai situs karir ketika ada peluang baru. Aplikasi ini juga mengirimkan peringatan kepada pengguna apabila ada lowongan pekerjaan baru (mempersembahkan daftar lowongan pekerjaan baru dalam kurun waktu 24 jam) dan menyediakan fitur texting (SMS) untuk berbagi info kerja dengan teman.

Startup Proven yang berbasis di kota San Francisco, didirikan pada bulan September 2009 dan melakukan perombakan bisnis model dengan meluncurkan aplikasi untuk membantu pengguna ponsel mencari lowongan pekerjaan pada bulan Augustus 2012. Startup ini sudah menerima modal awal dari beberapa investor. Salah satu investornya adalah kelompok ventura Andreessen Horowitz yang merupakan pendukung modal terkemuka di Silicon Valley.

(Images: top right, Proven logo; middle left, Proven app for iOS)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s