Advertisements

Teespring: platform e-commerce yang memudahkan setiap orang atau organisasi untuk merancang dan menjual kaos oblong

Teespring-logoJangan heran kalau hanya bermodal sebuah platform e-commerce untuk menjual kaos oblong akan menerima pendanaan besar dari investor terkemuka di Silicon Valley. Pemodal ventura papan atas Andreessen Horowitz melihat peluang di bisnis kaos oblong dan bersedia menanam modal $20 juta dollar di perusahaan startup Teespring minggu ini.

Teespring didirikan pada tahun 2011 dan berbasis di kota Providence, Rhode Island, pantai timur Amerika. Baru-baru ini membuka cabang di kota San Francisco. Keunggulan startup ini terletak pada sebuah platform e-commerce yang memudahkan setiap orang, toko online, atau organisasi untuk mendesign dan menjual kaos oblong. Memang saat ini hanya terbatas menjual kaos oblong dengan omzet yang sangat mengiurkan, tapi untuk jangka panjang startup ini berencana untuk menjual berbagai jenis produk.

Teespring memungkinkan pengguna platform ini mengatur kampanye pendanaan dari khalayak ramai dengan menawarkan kaos oblong kepada fans dan pengikut mereka. Pengguna platform dari kalangan artis atau yayasan sosial dapat merancang kaos lewat situs web yang menyediakan fitur design dan tata-warna. Pengguna memutuskan harga jual dan menentukan omzet penjualan. Pengguna tidak perlu membayar uang muka. Hanya setelah berhasil mengumpulkan sejumlah pembeli yang sesuai dengan sasaran, maka kaos oblong baru akan dicetak. Teespring menerapkan bisnis model berbagi hasil dengan mengambil komisi setelah terjadi penjualan. Teespring menangani teknik sablon, pemasokan kaos bermutu tinggi, pengiriman produk ke pelanggan, dan layanan pelanggan setelah penjualan.

Teespring memiliki keistimewaan yang bertolak belakang dengan bisnis model lama, dimana penjual biasanya mencetak kaos oblong terlebih dahulu dan baru mengumpulkan uang kemudian. Sedangkan Teespring memakai bisnis model dengan cara pre-order untuk mengurangi resiko bertumpuknya pasokan kaos oblong di gudang setelah kampanye selesai.

Teespring-homepage

(Images: top right, Teespring logo; bottom, Teespring homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s