Advertisements

Zoobean: katalog buku anak-anak, direkomendasikan oleh orangtua berdasarkan topik, karakter yang cocok bagi keluarga

ZooBean-logoOrangtua sering menghabiskan banyak waktu mencari buku untuk mengajar anak-anak mereka, akan tetapi memilih buku yang cocok bagi keluarga merupakan suatu tantangan besar. Sedangkan apa yang tersedia di toko buku setempat ataupun toko online, buku-buku disusun atau dipisah berdasarkan nama pengarang, jenis tema bacaan, kelompok usia, yang akhirnya menjadi sebuah katalog yang memuat informasi sangat luas.

Kehadiran Zoobean untuk mengatasi kebutuhan orangtua untuk menemukan buku bacaan yang bermutu dan yang cocok dengan keluarga terutama membantu anak menambah pengetahuan dan membuka imajinasi. Semua buku didalam Zoobean katalog dipilih khusus oleh orangtua. Keunggulan layanan Zoobean terletak pada kemudahan mencari buku berdasarkan rekomendasi dari orangtua. Demikian pula buku disusun berdasarkan topik yang cocok dengan anggota keluarga, dibagi menurut faktor usia pembaca, dan dipisah menurut latar belakang karakter dalam kisah cerita. Untuk itu semuanya di beri tanda yang melampaui 500 macam jenis label.

Keistimewaan startup ini juga terletak pada kedua pendirinya yaitu Felix Brandon Lloyd dan Jordan Lloyd Bookey. Sepasang suami-istri bekas guru di ibukota Washington DC. Felix pernah dipilih sebagai guru teladan tahun 2000/2001, sedangkan Jordan pernah bekerja di mesin pencari Google sebagai kepala hubungan masyarakat khusus pendidikan sekolah dasar sampai SMA.

Perusahaan startup ini memakai bisnis model yang terdiri atas dua opsi. Opsi pertama, layanan bagi keluarga yang memutuskan untuk berlangganan. Opti kedua Zoobean melakukan penjualan buku-buku bermutu langsung ke keluarga atau penjualan melalui afiliasi dengan penyedia ecommerce (seperti lewat toko buku Amazon).

Bertepatan dengan perayaan pekan buku anak yang berskala nasional, Zoobean secara resmi meluncurkan situs web yang mana logo perusahaan masih diberi tanda “beta” minggu ini. Pada kesempatan ini Zoobean mengumumkan bahwa startup yang berbasis di ibukota Washington DC sudah menerima pendanaan awal sejumlah $500 ribu dollar. Dukungan modal dipimpin oleh Kapor Capital.

Dengan kemajuan inovasi teknologi pencarian dan data yang terus diperbarui, maka layanan memilih buku bermutu akan semakin bertumbuh, terutama buku anak-anak yang dipilih khusus oleh orang tua yang mengerti dunia pendidikan untuk orang tua lainnya. Sedangkan dari pihak investor, para penanam modal ini bersedia memberikan modal dengan alasan bahwa pasar buku anak-anak diperkirakan akan menembus sekitar $3,1 miliar dollar per tahun, sedangkan pasar secara keseluruhan termasuk gaming dan produk yang berhubungan dengan dunia pendidikan diperkirakan akan menembus $25 miliar dollar per tahun.

(Image: top right, Zoobean logo via Facebook)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s