Advertisements

Facebook mengalami masalah teknis tidak bisa diakses lebih dari 30 menit, pengguna panik menelepon nomor darurat 911

LASDBrink-FacebookPetugas penerima telepon nomor darurat 911 di kota Los Angeles kewalahan mengangkat telepon panggilan dari pengguna jaringan sosial Facebook pada hari Jumat pagi, 1 Agustus. Padahal nomor darurat 911 hanya digunakan untuk warga yang sedang mengalami kecelakaan mobil, menderita sakit parah, atau musibah kebakaran.

Menurut tweet dari Sersan Burton Brink yang bertugas sebagai Sheriff di Los Angeles, para pengguna Facebook panik sejak pukul 9:00 pagi dan menelepon nomor darurat 911 melaporkan kalau mereka tidak bisa akses jaringan sosial terkemuka di dunia. Karena kewalahan mengangat telepon, Sersan Brink segera mengirimkan sebuah tweet dan menulis “#Facebook is not a Law Enforcement issue, please don’t call us about it being down, we don’t know when FB will be back up!”

Para insinyur Facebook bekerja keras untuk mengatasi masalah secepatnya. Menurut laporan teknisi yang tersedia secara online dan di-update langsung dari markas Facebook, penyebab utama adalah semua API dan tampilan web mengalami gangguan. Untunglah para insinyur yang memakai peralatan inovasi deteksi canggih segera mengetahui sumber kerusakan. Hanya kira-kira 30 menit lamanya, pengguna sudah mulai bisa mengakses jaringan sosial ini. Tetapi semua jaringan baru mulai stabil setelah satu jam kemudian.

Ketika Facebook mengalami kerusakan, bukan hanya polisi saja yang kewalahan, demikian pula perusahaan jaringan sosial inipun menderita kerugian pendapatan. Menurut hitungan pakar iklan online, setiap kali terjadi masalah teknis untuk satu menit, Facebook akan menderita kerugian sekitar $20.000 dollar (atau, sekitar 230.000 juta Rupiah). Kalau Facebook tidak bisa diakses selama 30 menit, maka kerugian mencapai $600.000 (atau sekitar 7 miliar Rupiah).

Facebook-down-August-1-2014-9am

(Images: top right, a tweet by @LASDBrink; bottom, Facebook platform status)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s