Advertisements

Curious: pasar pendidikan online, memudahkan guru mendistribusikan pelajaran, sambil membantu guru menjadi pengusaha

Sebagian besar pelajaran keterampilan, seperti belajar merias wajah, membongkar pasang sebuah desktop komputer, memperbaiki keran air yang bocor, sudah banyak ditemukan di YouTube. Tetapi kadangkala kita ingin mencari suatu keterampilan baru dan mencoba menemukan pembelajaran online, seperti belajar membuat anggaran belanja rumah tangga dengan perangkat lunak Excel.

Curious.com seperti pasar pendidikan online yang menawarkan lebih dari 5.000 mata pelajaran atau kursus dengan partisipasi dari 700 guru. Platform ini dibangun untuk menyediakan alat-alat teknologi untuk guru supaya mereka lebih mudah mendistribusikan pelajaran online. Keunggulan teknologi seperti tersedianya aplikasi untuk iPhone dan iPad, demikian pula pelajaran dapat diakses melalui desktop dan laptop. Curious berprinsip bahwa sebagian besar guru-guru tidak cakap dengan urusan teknologi apalagi memiliki sumber daya untuk membangun situs web dan aplikasi seluler, memasarkan jasa dan bakat mereka secara online. Kehadiran Curious membuat guru lebih berfokus pada menciptakan pelajaran, memberi tambahan penghasilan di luar pekerjaan rutin di sekolah, dan sekaligus membantu guru menjadi pengusaha online.

Curious tidak memungut biaya dari guru-guru yang menggunakan platform ini. Kalau ada murid yang mendaftar kursus, maka Curious akan mengambil komisi sekitar 30 persen. Mata pelajaran dapat dibagi dalam beberapa tahap, atau digabung menjadi satu paket. Biaya per mata pelajaran sekitar $10, sedangkan kalau di bundel menjadi kursus lengkap bisa mencapai sekitar $50.

Curious didirikan pada tahun 2012 dan berbasis di kota Menlo Park, tidak jauh dari markas jaringan sosial Facebook. Minggu ini mengumumkan penerimaan modal kerja putaran kedua (Seri B) sejumlah $15 juta dollar yang dipimpin oleh GSV Capital. Sebelumnya pada bulan Mei 2013 sudah menerima modal putaran pertama (Seri A) sebesar $7,5 juta dollar dari Redpoint Ventures. Sejak didirikan sudah mengumpulkan sekitar $22,5 juta dollar.

Curious-homepage

(Image: bottom, Curious.com homepage screenshot)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] yang mengalir ke sektor pendidikan online, seperti yang terjadi pada perusahaan startup TutorGroup, Curious, creativeLIVE, Coursera, dan lain sebagainya. Minggu ini giliran General Assembly menerima […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s