Advertisements

General Assembly: lembaga pendidikan menawarkan kursus untuk meningkatkan keterampilan, menciptakan komunitas global

generalassembly-logoDalam waktu satu tahun terakhir ini semakain banyak dana segar dan investasi ventura yang mengalir ke sektor pendidikan online, seperti yang terjadi pada perusahaan startup TutorGroup, Curious, creativeLIVE, Coursera, dan lain sebagainya. Minggu ini giliran General Assembly menerima pendanaan putaran ketiga (Seri C) sejumlah $35 juta dollar yang dipimpin oleh Institutional Venture Partners (IVP), dan didukung oleh GSV Capital, Rethink Education, Maveron, dan Western Technology Investment.

General Assembly menciptakan sebuah komunitas global untuk para profesional dan pekerja ulet yang ingin terus memperdalam ilmu mereka dan mengejar karir yang dicita-citakan pada awal abad ke-21 ini. Startup ini menawarkan program untuk meningkatkan keterampilan dalam bentuk kursus, kelas-kelas dan lokakarya. Kursus dan kelas keterampilan yang berhubungan dengan perkembangan jaman di dunia high teknologi, seperti pengembangan situs web dan seluler, desain web, fundamental bisnis manajemen, ilmu pengetahuan mengola data besar, pengembangan produk, teknik pemasaran online, dan optimasi mesin pencarian (SEO).

General Assembly ingin menggunakan dana baru untuk pengembangan produk dan layanan yang mendukung para alumni, supaya mereka dapat menimba ilmu pengetahuan baru sepanjang karir mereka. Startup ini akan merancang kelas-kelas dan kursus yang senantiasa mengikuti perkembangan dunia usaha dan memastikan siswa menemukan mata pelajaran yang ideal sesuai tuntutan tugas di tempat kerja.

Sejak didirikan di kota New York pada tahun 2011, layanan General Assembly sudah menjelajah seluruh penjuruh dunia yang didukung oleh 250 karyawan. Hari ini sudah mendirikan delapan cabang di kota-kota besar didunia, termasuk di kota Los Angeles, San Francisco, Washington DC, Boston, Berlin, Sydney, London, dan Hong Kong. Startup ini sudah membangun komunitas global yang terdiri atas sekitar 100.000 siswa dan jaringan alumni yang mencakup sekitar 6.000 orang dari semua cabang.

Sebelumnya pada bulan September 2011, General Assembly sudah menerima modal kerja putaran pertama (Seri A) sejumlah $4,25 juta dollar. Kemudian menerima pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $10 juta dollar pada bulan Oktober 2012. Total modal kerja sejak didirikan sudah mendekati $50 juta dollar. Salah satu pendukung modal utama adalah Maveron yang berbasis di kota Seattle. Investor modal ventura ini terkenal sebagai pemberi modal kerja pada beberapa perusahaan yang sudah go public seperti Zulily (perusahaan e-commerce pakaian anak-anak dan ibu-ibu).

general-assembly-los-angeles

(Images: top right, General Assembly logo; bottom, classes offered at Los Angeles branch)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s