Advertisements

Pangsa pasar ponsel pintar bulan Januari 2014 di Amerika: platform Apple iOS mulai mendominasi, Android tergelincir

System operasi perangkat seluler yang diciptakan oleh perusahaan gadget terbesar didunia Apple iOS mulai mendominasi sejak bulan pertama tahun 2014 di Amerika. Menurut laporan terbaru dari perusahaan riset dan analytics comScore, platform iOS berhasil mengambil pangsa pasar sebanyak 41,6 persen pada bulan Januari 2014, dibandingkan 40,6 persen pada bulan Oktober 2013, atau terjadi kenaikan sebanyak 1 persen.

iPhone5cPertumbuhan iOS pada awal tahun ini tertolong oleh handset baru yang dikenal dengan nama iPhone 5S dan iPhone 5C yang resmi dikirim kepada pelanggan pada minggu ketiga bulan September 2013. Setelah perayaan hari Natal, banyak toko memberikan diskon besar untuk pembeli iPhone dengan syarat pengguna meneken kontrak jangka panjang (sekitar 2 tahun). Toko elektronik BestBuy dan toko serba-ada Walmart memberi potongan harga rata-rata mencapai $100 per unit. iPhone 5S dan 5C bukan barang langka lagi seperti halnya ketika baru diluncurkan pada kwartal keempat 2014. Sejak Tahun Baru, iPhone yang menggunakan alat pengenal sidik jari dan berwarna emas sudah tersedia bagi pengguna pra-bayar yang menggunakan layanan dari operator Virgin Mobile, Metro PCS dan T-Mobile.

System operasi Google Android masih memegang posisi teratas dengan pangsa pasar 51,7 persen pada bulan Januari, dibandingkan 52,2 persen pada bulan Oktober 2013, atau terjadi penurunan sebanyak 0,5 persen. Perusahaan Korea Selatan Samsung paling beruntung dengan pertumbuhan platform smartphone Android. Mayoritas pengguna smartphone yang dijalankan Android memakai handset yang dibuat oleh Samsung, seperti Galaxy 4S dan Note 3.

Setelah ditunggu lama, akhirnya system operasi ponsel pintar yang diciptakan oleh raksasa perangkat lunak Microsoft berhasil meraih posisi nomer tiga di Amerika. Platform Windows Phone mengambil pangsa pasar sebanyak 3,2 persen pada bulan Januari 2014, tetapi tidak terjadi perubahan sedikitpun dibandingkan bulan Oktober 2013.

BBM-logo-Pelopor ponsel pintar BlackBerry semakin hilang dari permukaan bumi di negara adikuasa ini. Platform yang dibangun di Kanada ini hanya mampu mencapai 3,1 persen pangsa pasar pada bulan Januari, dibandingkan 3,6 persen pada bulan Oktober 2013, atau terjadi penurunan sebanyak 0,5 persen.

Banyak handset BlackBerry tidak laku di pasar, seperti Z10 dan Q10. Setelah dibeli dengan batas waktu 30 hari, handset dikembalikan oleh pelanggan ke toko. Kemudian toko melakukan packaging ulang, selanjutnya dijual dengan diskon besar, atau dikenal di pasar dengan istilah refurbished. Hal ini menyebabkan perusahaan BlackBerry rugi besar dan mengganti beberapa posisi eksekutif.

Pangsa pasar BlackBerry tidak tertolong pada kwartal keempat ketika perusahaan berbasis di Kanada meluncurkan alat messaging BBM cross-platform yang dapat diakses melalui perangkat iOS dan Android. Sejak akhir bulan Oktober 2013, BBM bukan lagi milik eksklusif para pemegang handset BlackBerry.

Smartphone-Platform-Market-Share-January-2014

(Images: top right, Apple iPhone 5C; middle right, BlackBerry BBM logo; bottom, Smartphone Platform Market Share, January 2014 versus October 2013, by comScore).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s