Advertisements

PayRange: alat penerima pembayaran lewat aplikasi ponsel di pasang di mesin vending model lama, pengganti uang tunai

PayRange-BluKeyKita sering kecewa ketika melihat mesin penjual otomatis (vending) yang dipasang di warung, depot, kios, kantin, dan mall, tetapi tidak bisa membeli camilan dan minuman. Ini karena kita sudah terbiasa menggunakan alat pembayaran lewat aplikasi ponsel, sehingga tidak membawa uang kontan dan koin di saku. Seandainya membawa uang tunai, tapi dalam pecahan besar, sehingga tidak dapat diterima oleh mesin vending. Sebaliknya, banyak mesin vending model lama mengalami penurunan omzet karena tidak mengikuti perubahan jaman.

PayRange membantu pengelola untuk segera meng-upgrade mesin vending yang tersebar dimana-mana. PayRange menciptakan alat kecil berupa jump-drive yang dinamakan BluKey dengan ukuran sebesar jempol, yang dapat disambungkan ke mesin vending model lama.

PayRange-App-on-phonePayRange memudahkan jutaan pembeli yang suka mampir di mesin vending, tetapi mereka tidak membawa uang tunai atau koin. PayRange mengandalkan teknologi Bluetooth dan alat kecil ini dipasang di dalam mesin vending, sehingga pengguna ponsel pintar dapat membeli barang-barang setiap saat. Pengguna aplikasi dapat memilih alat pembayaran melalui Apple Pay atau semua jenis kartu kredit.

PayRange menjual BluKey seharga $49 dan mudah dipasang ke bagian belakang mesin. Pemilik vending tidak perlu membayar iuran bulanan, tapi setiap transaksi lewat aplikasi mobile akan dikenakan komisi 3.95 persen.

PayRange berhasil menjalin kemitraan dengan 680 operator mesin vending di Amerika dan Kanada. Hari ini ada satu juta mesin vending yang sudah menggunakan teknologi PayRange.

Perusahaan startup PayRange didirikan pada tahun 2013 dan berbasis di kota Portland, negara bagian Oregon. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $12 juta dollar yang dipimpin oleh Matrix Partners. Pendukung modal kerja termasuk Nyca Partners.

(Images: top right, BluKey; middle left, iOS app; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s