Advertisements

Penjualan games console April 2014: Sony PlayStation 4 versus Microsoft Xbox One, 7 juta PS4 versus 5 juta Xbox One

ps-logoMelalui sebuah blog post pada tanggal 16 April, Sony mengumumkan bahwa perusahaan raksasa elektronik berbasis di Jepang ini sudah berhasil menjual lebih dari 7 juta PlayStation 4 games console secara global sampai awal bulan April 2014. Satu hari kemudian, tepatnya pada tanggal 17 April, melalui sebuah blog post yang ditulis oleh VP Marketing Yusuf Mehdi, Microsoft mengumumkan sudah lebih dari 5 juta Xbox One yang dikirimkan ke toko pengecer di seluruh dunia.

Sony PS4 diluncurkan pada tanggal 15 November 2013, sedangkan Xbox One diluncurkan satu minggu kemudian di Amerika dan di beberapa negara Eropa. Kedua games console tsb. diluncurkan bertepatan dengan musim belanja terbesar di Amerika dalam rangka merayakan Thanksgiving tahun 2013. Sony menawarkan PS4 dengan harga $400, dibandingkan dengan Xbox One dengan harga $500.

Sejak Sony meluncurkan PS4, perusahaan raksasa ini terus memimpin penjualan games console di Amerika, yang mana sebelumnya Microsoft terus memimpin penjualan sejak meluncurkan alat controller Kinect untuk membantu bermain game tanpa menekan tombol. Data penjualan terakhir ini juga didukung oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh perushaan yang selalu mencatat statistik video game yaitu the NPD Group.

xbox-logoSebelum tertinggal jauh Microsoft merubah taktik marketing sejak awal bulan Maret 2014 dengan meluncurkan video game baru yang dikenal dengan nama Titanfall. Ternyata strategi ini menambah minat pembeli Xbox One, apalagi Titanfall merupakan judul game yang paling populer dan terlaris di Amerika pada bulan Maret. Keuntungan bagi pembeli Xbox One, pembeli menerima Titanfall secara gratis. Boleh dibilang, penawaran Titanfall bundle setara dengan membeli games console dan sebuah game populer.

Menurut Yusuf Mehdi, Microsoft berhasil menjual 311.000 unit Xbox One pada bulan Maret di Amerika, kalau dibandingkan dengan penjualan Xbox 360 pada bulan yang sama satu tahun yang lalu, maka terjadi peningkatan penjualan lebih dari 60 persen. Pelajaran penting bagi Microsoft dalam strategi marketing dengan melakukan bundle akan terus memicu penjualan Xbox One untuk bulan-bulan yang akan datang.

PS4-versus-Xbox-One

(Images: top right, Sony PS logo; middle right, Xbox One logo; bottom, Sony PS booth vs Microsoft Xbox booth, during E3 Conference, photographed by Inovasi.com)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] ini terjadi pergeseran pasar game dari konsol video game yang biasanya dicolokan ke monitor TV atau dektop (seperti, Microsoft Xbox One dan Sony PS4), ke […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s