Advertisements

Sookasa: teknologi enkripsi, akses kontrol, untuk melindungi file yang disimpan di cloud dan mobile (Dropbox, Gmail)

Banyak pengguna perangkat seluler, desktop, dan laptop menggunakan layanan cloud untuk menyimpan dan berbagi file, seperti melalui Dropbox, Box, Gmail, dan lain sebagainya. Untuk menjaga keamaan file yang tersebar dimana-mana, startup Sookasa meluncurkan semacam lapisan penahan ketika melakukan penyimpanan dan pengambilan file di cloud.

Kelebihan Sookasa dengan tambahan teknologi enkripsi dan akses kontrol yang dapat mencatat semua aktivitas ketika seseorang mengakses file. Data akses dikumpulkan untuk dipakai oleh lembaga peneliti atau departemen yang bertugas mengaudit kapan file dibuka, di mana, dan oleh siapa. Sayangnya, dengan tambahan lapisan penahan sebagai solusi keamanan, pengguna akan membutuhkan waktu ekstra untuk membuka file, dan mengurangi keramahan bagi pengguna yang sudah terbiasa login ke akun mereka.

Untuk menunjukkan cara kerja teknologi keamanan ini, Sookasa sudah melakukan integrasi dengan Dropbox, Box dan Gmail, sehingga karyawan perusahaan dapat mengakses file dari beberapa perangkat. Sookasa memastikan kalau semua file selalu dienkripsi, sehingga karyawan bisa memakai perangkat di luar kantor. Karena begitu banyaknya karyawan memakai layanan cloud dari penyedia terkemuka, Sookasa juga meringankan tugas departemen IT yang ingin memastikan kepatuhan dari setiap pengguna, supaya system perusahaan tidak di hacking atau terjadi pencurian file penting.

Sookasa didirikan pada tahun 2012 di kota San Mateo di kawasan Silicon Valley dengan kantor cabang di Israel. Bersamaan dengan peluncuran perusahaan, minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $5 juta dollar yang dipimpin oleh perusahaan modal ventura terkemuka di Silicon Valley, Accel Partners. Pendukung modal kerja lainnya termasuk First Round Capital, SV Angel dan beberapa investor pribadi. Dana segar akan dipakai untuk mengembangkan inovasi teknologi penyimpanan file dengan sasaran pasar sektor kesehatan, pendidikan, hukum, dan keuangan.

Sookasa-homepage

(Image: bottom, Sookasa homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s