Advertisements

USC Viterbi menjalin kemitraan dengan pemodal ventura dan lembaga bakat terkemuka untuk meluncurkan teknologi akselerator di Los Angeles

USC-logo-primary-shield-wordmarkSudah tidak bisa disangsikan lagi bahwa ekonomi Amerika semakin tergantung dengan kemajuan inovasi teknologi. Pemerintah, pemodal ventura, maupun lembaga pendidikan tinggi semakin gencar mendorong para insinyur terbaik dan tercerdas untuk tetap tinggal di negara adikuasa ini. Awal tahun 2013, para pembuat undang-undang di ibukota Washington DC sudah mulai menggodok rancangan undang-undang imigrasi yang memperbolehkan para insinyur dan tenaga ahli komputer bebas memilih untuk tetap tinggal di Amerika. Minggu ini universitas swasta tertua dan terkemuka di pantai barat Amerika yang dikenal dengan nama University of Southern California (USC) membuat sebuah gebrakan dahsyat di dunia teknologi. USC ingin menetaskan sebanyak-banyaknya perusahaan startup di negara bagian California bagian selatan.

USC Viterbi mengumumkan hari ini bahwa fakultas teknik top-15 terkemuka di Amerika sudah menjalin kemitraan dengan pemodal ventura dari Silicon Valley Kleiner, Perkins, Caufield & Byers (KPCB) dan lembaga bakat terkemuka yang dikenal sebagai United Talent Agency (UTA). Bersama-sama mereka meluncurkan teknologi akselerator yang berbasis di kota Los Angeles. Lembaga baru ini dinamakan Viterbi Startup Garage. Tugas lembaga ini termasuk menyediakan keuangan sebagai modal awal dan menggalang sumber daya dari kelompok pakar-pakar strategis untuk menasihati mahasiswa dan alumni dan menciptakan peluang usaha startup.

USC-Viterbi-Engineering-logoFakultas teknik Viterbi meluluskan ribuan insinyur S-1 dan S-2 (master) berbakat dengan tenaga trampil setiap tahun. Viterbi merupakan fakultas yang berhasil menarik mahasiswa terbaik dari manca negara. Karena keterbatasan pendanaan dari pemodal lokal dan jarang menerima dukungan dari universitas, sebagian besar lulusan USC terpaksa hengkang dari kota Los Angeles dan mendirikan startup di kawasan Silicon Valley atau berbalik ke negaranya masing-masing (misalnya, Korea Selatan, China, Taiwan).

Viterbi Startup Garage akan resmi diluncurkan di kampus USC pada tanggal 2 April 2013, jam 5 sore, di gedung Science Lecture Hall 200. Lembaga ini membuka kesempatan pendaftaran gelombang pertama bagi mahasiswa dan alumni fakultas teknik Viterbi mulai tanggal 26 Maret dan ditutup pada tanggal 22 April 2013. Hanya alumni USC yang sudah lulus maksimum 5 tahun yang lalu yang diperbolehkan berpartisipasi. Viterbi Startup Garage akan memberikan hibah dalam bentuk uang sejumlah $20,000 dollar dan akan mengambil saham perusahaan sebanyak 4 persen. Hanya sepuluh proposal yang akan diterima dan mereka diperbolehkan memakai fasilitas gedung Information Sciences Institute (ISI) selama dua belas minggu. Gedung ISI terletak di pantai Marina Del Rey. USC sudah menetapkan bahwa tanggal 28 Mei 2013 merupakan hari pertama dimulainya program ini.

(Images: top right, USC logo; middle left, USC Viterbi logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s