Advertisements

Moovweb: platform yang memungkinkan berbagi kode tunggal, pemersatu situs web modern antara desktop, tablet, ponsel, dan aplikasi mobile

Moovweb-screenshotPerkembangan inovasi teknologi mobile (seluler) beberapa tahun terakhir ini telah membangkitkan revolusi dalam hal tampilan situs web. Perubahan drastis ini menyebabkan pelaku bisnis mengambil tindakan cepat untuk mengatasi pemikiran fundamental yang selama ini selalu berbasis pada situs desktop. Permasalahan yang seringkali dihadapi pelaku bisnis antara lain, situs web utama hanya bisa di akses lewat desktop/laptop, tapi sebaliknya ketika di akses melalui komputer tablet atau ponsel pintar, maka tampilan situs web di atas layar kecil menjadi kacau balau.

Perusahaan besar dan kecil terus mencari solusi yang tepat untuk mengembangkan suatu platform yang memungkinkan situs web modern untuk berbagi kode tunggal dan platform berfungsi sebagai pemersatu. Demikian pula pelaku bisnis ingin terus melestarikan konten, fitur, dan logika bisnis yang sudah ditampilkan di situs web yang berbasis desktop. Moovweb mencoba untuk menjadi platform bisnis pertama di dunia yang dapat melakukan hal-hal penting tsb. Platform ini berbasis cloud (awan) sehingga memungkinkan akses lebih cepat untuk melayani pengguna di seluruh dunia.

Keunggulan Moovweb terletak pada prinsip kerja sebagai pemersatu situs web modern yang menggunakan kode tunggal. Hal ini dapat dilakukan secara cepat, tanpa harus menunggu pengembangan berbulan-bulan lamanya. Hasil akhir adalah suatu situs web yang bisa diakses melalui komputer desktop/laptop, tablet, ponsel pintar, maupun menggunakan aplikasi mobile. Moovweb memakai hak paten milik sendiri dengan memanfaatkan teknologi virtualisasi dan transformasi. Teknologi ini dipakai untuk mengelola semua aspek situs web modern. Moovweb juga menyediakan konsol yang memudahkan pengembang situs untuk mengelola proyek dari awal sampai peluncuran, termasuk mengatur kolaborasi antar pengembang dan menyatukan kode-kode di bawah satu atap.

Sejak diluncurkan pada tahun 2007, platform bisnis Moovweb sudah mengantarkan lebih dari 12 miliar halaman yang diakses dari perangkat mobile. Para pelanggan kelas kakap terdiri atas Macy’s (toko serba-ada), 1-800-FLOWERS.com (layanan pengiriman bunga), Sur la Table (penyedia peralatan dapur), Golfsmith (peralatan golf), Kroger (supermarket), Cox Communications (layanan kabel dan Internet), Chico’s (kebutuhan bayi and anak-anak), Sharpie (peralatan kantor), Under Armour (pakaian olahraga untuk atlet), dan lain sebagainya.

Moovweb hari ini mengumumkan investasi sebesar $16 juta dollar yang diberikan oleh beberapa investor, termasuk Jafco Ventures dan Trinity Ventures. Dana segar ini akan dipakai untuk meningkatkan inovasi teknologi dengan sasaran bisnis ukuran kecil maupun besar. Di samping itu perusahaan startup ini juga ingin menarik minat eksekutif dan tenaga kerja yang berbakat dan trampil untuk mengisi beberapa posisi penting di perusahaan yang berbasis di kota San Francisco ini.

(Image: top right, Moovweb product overview screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s