Advertisements

Pendaftar nama domain harus memverifikasi email atau nomor telepon dalam waktu 15 hari setelah mendaftarkan domain

ICANN-logoMenjelang akhir minggu lalu sebelum memasuki bulan Juli 2013, dewan direksi yang mengawasi semua top-level domain (ICANN) sudah menyetujui sebuah perjanjian dengan perusahaan pendaftar nama domain. Ada beberapa aturan baru yang dicantumkan dalam dokumen perjanjian yang dikenal dengan nama “2013 Registrar Accreditation Agreement” (RAA).

Salah satu dari sekian banyak aturan baru dari perjanjian terbaru tsb. untuk membuat data WHOIS lebih akurat dan lebih handal. Tujuan utama data WHOIS yang akurat untuk menghalangi pendaftar nama domain yang akan membuat situs web dengan maksud perdagangan barang-barang terlarang, memblokir konten kekerasan dan percabulan anak-anak.

Untuk itu dewan direksi ICANN mengharuskan pendaftar nama domain dan penyelenggara pendaftaran nama domain (seperti GoDaddy, Network Solutions, eNom) memverifikasi alamat email atau nomor telepon dari pendaftar dalam waktu 15 hari setelah mendaftarkan nama domain. Apabila tidak diverifikasikan tepat waktu, maka perusahaan pendaftar diperintahkan untuk membatalkan atau menangguhkan pendaftaran nama domain.

Dalam waktu dekat, perusahaan penyelenggara pendaftaran nama domain diminta untuk lebih bertanggung jawab terhadap informasi tentang langganan yang mendaftar alamat situs web. Perusahaan pendaftar harus menyimpan informasi selama dua tahun terhadap langganan yang mendaftarkan nama domain, bagi langganan yang masih aktif maupun yang sudah membatalkan pendaftaran mereka. Informasi yang harus disimpan untuk jangka panjang termasuk rincian pembayaran lewat kartu kredit, PayPal, alamat IP yang digunakan ketika mendaftar nama domain, dan lain sebagainya. Demikian pula informasi harus selalu akurat ketika melakukan transfer nama domain dari satu penyelenggara ke pendaftar baru, ataupun mengganti kepemilikan nama domain.

Jelas disini bahwa para pengembang yang sedang bekerja di perusahaan penyelenggara pendaftaran nama domain akan bekerja lembur selama musim panas ini. Banyak perusahaan pendaftar ingin menerapkan peraturan baru dari ICANN sambil menyongsong penjualan seribu jenis ekstensi baru (.app, .shop, .web, .store, dll), yang diperkirakan akan mulai dijual ke khalayak ramai menjelang akhir tahun 2013 ini.

(Image: top right, ICANN logo via Facebook; click here to read a full report of the “2013 RAA” in .pdf format)

Advertisements

Comments

  1. how to apply and registeration

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s