Advertisements

Alamat situs Internet memasuki era baru, GoDaddy luncurkan nama domain ekstensi baru (gTLDs), seperti .menu, .luxury

Apakah alamat dot-com favorit yang ingin anda daftarkan sudah di ambil orang lain? Mulai hari ini anda tidak perlu kecewa lagi, karena sudah tersedia beberapa nama domain ekstensi baru (gTLDs). Setelah melalui proses pengajuan dan lelang sejak musim panas tahun 2012, organisasi dunia berbasis kota Los Angeles, Amerika, yang menangani nama domain atau dikenal dengan “Internet Corporation for Assigned Names and Numbers” (ICANN), sudah memberikan lampu hijau kepada perusahaan-perusahaan penyelenggara pendaftaran nama domain untuk mulai menerima pendaftaran awal.

Menjelang akhir minggu ini, GoDaddy mengumumkan bahwa peminat dan investor diperbolehkan mendaftar nama domain ekstensi baru. Sebagai perusahaan pendaftar nama domain terbesar didunia, GoDaddy meluncurkan pasar bagi para pencari lahan real estate baru di Internet, dan sekaligus memperkenalkan empat top-level domain baru yang bersifat generik, yaitu .menu, .luxury, .build, dan .uno. Semua ekstensi baru tsb akan aktif di dunia Internet mulai awal tahun 2014.

Dengan membayar biaya $50 per tahun, para pencari alamat situs dan investor nama domain dapat melakukan registrasi untuk domain yang berakhir dengan .menu, .luxury, .build, dan .uno. Ekstensi .menu untuk restoran dan catering. Ekstensi .luxury dipakai untuk barang-barang mewah (seperti, kapal pesiar, mobil mewah). Ekstensi .build untuk kontraktor bangunan, arsitek, pemborong, dan perusahaan konstruksi. Ekstensi .uno artinya “satu” dalam bahasa Spanyol. Setelah empat ekstensi diluncurkan minggu ini, masih ada sekitar 700 ekstensi yang akan tersedia untuk umum dalam waktu dua tahun ke depan, seperti .app, .web, .shop, .site, .cloud, .live, dan lain sebagainya.

Dengan menerima bayaran $50, GoDaddy akan berusaha bermitra dengan perusahaan penyelenggara pendaftaran nama domain lainnya supaya semua langganan GoDaddy dapat menemukan nama domain yang mereka suka. Jika ada beberapa peminat yang menginginkan nama domain yang sama, GoDaddy akan melakukan lelang dan memberikan nama kepada penawar tertinggi. Apabila setelah mendaftar tetapi tidak berhasil menemukan nama domain yang diinginkan, GoDaddy bersedia mengembalikan biaya pendaftaran.

Sementara peminat dan investor berlomba-lomba mendaftarkan nama domain ekstensi baru, pengamat alamat situs Internet memperkirakan bahwa kehadiran ekstensi baru masih sulit mengalahkan kepopuleran dot-com. Sejak awal tahun 2000-an, sudah ada beberapa ekstensi baru yang diperkenalkan untuk publik seperti .biz, .info, .mobi, dan lain sebagainya, akan tetapi semua ekstensi baru tsb belum mampu menyaingi dot-com.

Ekstensi .com dipakai oleh perusahaan raksasa maupun usaha kecil, baik yang berbasis di Amerika ataupun multi-nasional. Domain ekstensi .com pertama yaitu symbolics.com didaftarkan pada tahun 1985. Sejak itu sudah lebih dari seratus juta nama domain ekstensi .com yang didaftarkan oleh perusahaan maupun individu di seluruh dunia. Mari kita menunggu dan memantau perkembangan nama-nama ekstensi baru di tahun-tahun yang akan datang.

GoDaddy-new-domains

(Image: bottom, GoDaddy New Domains)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] oleh Donuts dengan alasan mengganggu lalu lintas Internet dan sistem nama domain (DNS). Tetapi setelah lebih dari satu tahun gTLDs dirilis ke publik, dan ada sekitar enam juta nama domain yang sudah didaftarkan, maka penggunaan nama ekstensi baru […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s