Advertisements

Amazon bermitra dengan US Postal Service untuk mengirimkan paket pada hari Minggu di kota Los Angeles dan New York

Amazon-Happy-SundayAda berbagai upaya Amazon untuk meraih kepercayaan pelanggan dan bersaing ketat dengan pengecer dan toko-toko terdekat. Perusahaan ecommerce terbesar didunia mengumumkan bahwa mulai tanggal 17 November 2013 akan mengirimkan paket pada hari Minggu. Selama uji-coba ini, Amazon hanya melayani dua kota terbesar di Amerika, Los Angeles dan New York. Selanjutnya layanan ini akan dikembangkan ke kota-kota besar lainnya, seperti Dallas, Houston, New Orleans dan Phoenix.

Amazon bermitra dengan US Postal Service (kantor pos milik pemerintah Amerika). Ada beberapa keuntungan dari kemitraan ini. Pertama, kedua organisasi ini memiliki system pengiriman dan paket tracking yang hampir mirip sehingga memudahkan proses dan mempercepat pengiriman. Kedua, secara tidak langsung Amazon memberikan sebuah kontrak kerja yang dapat membantu memperbaiki keuangan yang sedang dihadapi oleh layanan pengiriman surat dan paket milik pemerintah Amerika. Anggaran kantor pos mengalami kerugian bermiliar-miliar dollar setiap tahun, dimana banyak karyawan terpaksa dirumahkan akibat berkurangnya pengiriman surat dan paket dengan kemajuan teknologi e-mail dan telekomunikasi.

Dipilihnya kota besar seperti Los Angeles karena Amazon sudah membangun jaringan gudang-gudang penyimpanan barang dan kantor pengiriman, seperti di kota San Bernardino (dekat kawasan pemukiman terbesar di California Selatan) dan Inglewood (dekat dengan bandara LAX Los Angeles International Airport). Amazon terus menerus membangun jaringan pengiriman di sekitar kota Los Angeles sejak beberapa tahun terakhir ini. Hal ini dilakukan karena jumlah populasi kota Los Angeles dan kota-kota sekitarnya sudah mencapai 20 juta jiwa. Kota ini dikenal sebagai pusat pelabuhan terbesar di pantai barat Amerika. Dengan menggunakan truk seperti supermarket berjalan, Amazon juga memilih kota Los Angeles sebagai kota uji-coba sejak musim panas tahun ini untuk menawarkan pengiriman barang-barang grosir ke depan rumah pada hari yang sama.

Layanan pengiriman pada hari Minggu hanya disediakan kepada anggota Amazon Prime yang sudah membayar iuran keanggotaan sebesar $79 per tahun. Anggota Amazon Prime selalu menerima pengiriman paket tanpa dipungut biaya (gratis) dalam waktu dua hari setelah memesan barang.

Perombakan bisnis model dan pengembangan inovasi pengiriman akan meningkatkan penjualan kepada anggota Amazon Prime yang diperkirakan sudah mencapai sekitar 10 juta anggota. Demikian pula, layanan pengiriman pada hari Minggu akan memicu pelanggan untuk berbelanja pada hari Jumat, karena mereka yakin akan menerima paket dalam waktu dua hari (tepatnya pada hari Minggu).

(Image: top left, Amazon Happy Sunday!)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s