Advertisements

Scanadu: inovasi teknologi pemantauan kesehatan yang menggabungkan seluler, sensor, cloud, untuk mengumpulkan data

Scanadu-logoSaat ini terjadi persaingan ketat antara perusahaan besar dan perusahaan startup, yang berlomba-lomba mengembangkan inovasi teknologi untuk membangun perangkat yang dapat digunakan sebagai alat pemantauan kesehatan. Para investorpun ingin menanam modal jutaan dollar di perusahaan-perusahaan tsb. Alat pemantauan kesehatan yang disinkronisasikan dengan perangkat seluler (ponsel pintar dan tablet) ibarat seorang dokter yang selalu tersedia 24/7 di rumah. Merek terkemuka seperti Nike dan Samsung dan startup seperti FitBit dan Jawbone meluncurkan alat yang bisa dipasang di badan atau berupa jam tangan yang memungkinkan pengguna melacak kesehatan tanpa harus ke rumah sakit.

Scanadu adalah perusahaan startup yang mengembangkan perangkat elektronik untuk pemantauan kesehatan yang bersifat pribadi. Perangkat yang diciptakan oleh Scanadu merupakan generasi baru di dunia medis dan dipakai untuk mengetahui kesehatan kita di rumah. Scanadu menggabungkan teknologi seluler, sensor, cloud, untuk mengumpulkan data kesehatan.

Scanadu sedang mengembangkan dua perangkat kesehatan yang dinamakan Scout dan ScanaFlo. ScanaFlo merupakan perangkat pertama yang akan diluncurkan bulan Maret 2014. ScanaFlo dapat dikombinasikan dengan teknologi ponsel pintar dan dipakai sebagai alat untuk menguji kehamilan, membaca tes air seni untuk mengetahui kadar glukosa, dan lain sebagainya.

Scout merupakan alat kesehatan yang paling ditunggu-tunggu oleh peminat karena sudah menerima ulasan positif dari media dan pers. Scout memecahkan rekor pengumpulan dana sekitar $1,7 juta dollar dari masyarakat melalui Indiegogo yang dilakukan sejak bulan Mei 2013. Scout dirancang untuk mengumpulkan data tentang aktivitas alat-alat vital tubuh manusia, seperti detak jantung, hitungan kecepatan pernapasan, tekanan darah, suhu badan, dan ukuran naik-turun level stres. Scout hanya membutuhkan waktu selama 10 detik untuk mengetahui kondisi tubuh manusia.

Scanadu didirikan pada tahun 2011 di pusat riset antariksa Amerika NASA Ames Research Center di kota Moffett Field, dekat markas Google di kawasan Silicon Valley. Hari ini Scanadu mengumumkan penerimaan dana putaran pertama (Seri A) sejumlah $10,5 juta dollar. Penyedia modal sebesar itu dipimpin oleh Relay Ventures. Pendukung modal pada putaran ini termasuk VegasTechFund (kelompok investor milik Tony Hsieh, CEO Zappos, toko sepatu online terbesar di Amerika) dan Ame Cloud Venture (Jerry Yang, mantan CEO Yahoo). Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal sebesar $14,7 juta dollar.

Scanadu-scout

(Images: top right, Scanadu logo; bottom, Scanadu Scout)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s