Advertisements

Comprehend: memperbaiki cara mengakses data klinis dan mempermudah pembuat perangkat medis memasarkan produk baru

Comprehend-logoPendiri perusahaan startup teknologi seringkali menghadapi berbagai tantangan untuk meluncurkan produk atau layanan baru. Di antara sekian banyak jenis startup yang memicu inovasi teknologi, salah satu jenis startup yang paling banyak menghadapi kesulitan adalah pembuat perangkat medis dan pabrik obat-obatan, terutama yang ingin memasarkan produk baru yang sangat bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan pengobatan terhadap penyakit jenis baru.

Sebelum mendapatkan persetujuan dari badan pengawas milik pemerintah Amerika yang dikenal dengan nama Food and Drug Administration (FDA), perusahaan besar maupun kecil yang akan meluncurkan produk baru, diharuskan untuk melakukan uji coba medis dan mengumpulkan data klinis dari berbagai percobaan di lapangan dan menjangkau berbagai sistem yang berbeda yang ada di masyarakat. Setelah berhasil mengumpulkan data dan membuat laporan lengkap, kemudian menunggu proses yang berlarut-larut, dengan ongkos yang mahal, bisa ditolak atau seterusnya resmi mendapatkan stempel pengesahan dari FDA.

Comprehend melakukan pengembangan perangkat lunak yang berbasis cloud (awan) dan mempermudah para pembuat perangkat medis dan pabrik obat-obatan mengakses data klinis, sehingga perusahaan akan lebih cepat memasarkan produk baru. Comprehend mendulang data dari berbagai sumber dalam hal penelitian klinis, meyimpulkan data, melakukan eksplorasi dari sumber-sumber lain untuk studi perbandingan, dan menganalisa semua data sehingga mudah dirangkumkan dan mudah dipersembahkan kepada badan pengawas pemerintah untuk mendapatkan persetujuan dini. Data medis atau data klinis termasuk segala data tentang riwayat penyakit, hasil pemeriksaan fisik, diagnosis di laboratorium, teknik pengobatan, dan lain sebagainya.

Startup ini meluncurkan layanan yang dikenal dengan nama Comprehend Clinical. Layanan ini memungkinkan para eksekutif, tim ahli penelitian, dan dokter, untuk melacak dan melakukan analisa data yang disambungkan lewat perangkat desktop maupun perangkat seluler (ponsel dan tablet). Data dikumpulkan dari beberapa sistem yang berbeda seperti Oracle, SQL Server, Medidata, yang dipakai untuk mengidentifikasi tren operasional.

Comprehend-Clinical

Comprehend didirikan pada tahun 2010 di kota Palo Alto, Silicon Valley. Tim pendiri memiliki pengalaman cukup mahir terhadap proses mengumpulkan data khususnya untuk penelitian klinis dan pemahaman terhadap cara kerja mesin. Penggunaan layanan Comphehend mulai menonjol di kalangan pembuat perangkat medis dan pabrik obat-obatan karena cara kerjanya sesuai dengan pedoman FDA terutama perihal cara membuat catatan secara elektronik dan cara menyimpan bukti tanda tangan untuk pengesahan. Supaya menerima data klinis secara rutin, Comprehend memungut biaya sekitar $1.250 per bulan untuk satu jenis perangkat atau satu macam obat.

Melihat masa depan Comprehend yang berfokus didunia data klinis dan data medis yang sangat cerah, maka raksasa Sequoia Capital yang merupakan investor terkemuka di Silicon Valley bersedia menanam modal pada putaran pertama (seri A) yang jumlahnya mencapai $8,4 juta dollar. Pendanaan ini akan dipakai untuk pengembangan inovasi teknologi perangkat lunak lebih lanjut dan menambah fitur yang tersedia di cloud yang dapat diakses oleh pengguna dari mana saja.

(Images: top right, Comprehend logo; middle, overview of Comprehend Clinical; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] besar dan perusahaan startup, yang berlomba-lomba mengembangkan inovasi teknologi untuk membangun perangkat yang dapat digunakan sebagai alat pemantauan kesehatan. Para investorpun ingin menanam modal jutaan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s