Advertisements

Refresh: memberikan wawasan tentang orang yang baru dikenal atau yang akan ditemui, supaya menerima pengarahan dini

Refresh-logoAplikasi Refresh seperti tugas seorang ajudan yang menemani seorang pejabat tinggi negara. Ajudan yang selalu membawa sebuah koper eksekutif berisi informasi penting tentang suatu diskusi, daftar nama, dan riwayat hidup orang-orang yang akan ditemui dalam suatu pertemuan yang bertaraf Internasional. Dengan kehadiran seorang ajudan yang sudah menyiapkan semua informasi penting, maka akan membuat seorang pejabat tinggi negara tampak seolah-olah lebih cerdas daripada orang yang ditemui.

Refresh adalah aplikasi untuk perangkat seluler, termasuk ponsel pintar dan tablet. Untuk sementara, aplikasi ini hanya tersedia bagi pengguna perangkat Apple iOS (iPhone, iPad, iPod). Aplikasi versi 1.0.8 dalam bahasa Inggris diluncurkan pada tanggal 3 Oktober dan membutuhkan kapasitas disk-space 19.8 MB.

Refresh mengumpulkan semua informasi secara cepat tentang orang yang baru di kenal di suatu pertemuan. Aplikasi ini dipakai untuk tugas menyiapkan informasi tentang orang yang akan di temui, sehingga ketika bertemu akan mencapai hasil diskusi yang maksimal. Refresh membantu pengguna mendapatkan wawasan secara instan terhadap seseorang pada suatu diskusi, dengan memberikan informasi seperti prestasi kerja, riwayat pekerjaan, daftar proyek, aktivitas di luar jam kantor, daftar teman dekat, dan lain sebagainya. Ketersediaan informasi semacam itu akan membantu suatu percakapan menjadi lebih bermakna dan bisa mencapai goal untuk menghasilkan suatu transaksi.

Cara kerja aplikasi ini sebenarnya sangat sederhana karena aplikasi ini tidak menyimpan data profil orang-orang demi menjaga hak privasi. Akan tetapi, Refresh menyedot data dari beberapa sumber yang terpercaya. Data biasanya diambil dari riwayat kerja di LinkedIn, daftar teman-teman di Facebook, percakapan online di Twitter, tempat-tempat makan dan wisata yang suka dikunjungi di Foursquare, daftar klub dan acara yang diminati di Yahoo, dan lokasi tempat tinggal dan harga rumah di Zillow.

Perusahaan Refresh didirikan pada tahun 2011 dan berbasis di kota Palo Alto di kawasan industry high-tech Silicon Valley. Dengan bekal beberapa insinyur mantan karyawan dari perusahaan raksasa Google, Microsoft, LinkedIn, dan beberapa insinyur muda lulusan dari Stanford, perusahaan startup ini berhasil menemukan sekelompok investor terkemuka yang bersedia menanam modal. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $10 juta dollar yang didukung oleh Redpoint Ventures, Charles River Ventures, dan Foundation Capital. Modal tambahan akan dipakai untuk mengembangkan inovasi teknologi aplikasi supaya bisa diakses melalui platform lainnya seperti Android. Dana segar juga akan dipakai untuk menambah fitur-fitur baru untuk versi berikutnya.

Refresh-iOS-app

(Images: top right, Refresh logo; bottom, Refresh iOS app screenshots)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s