Advertisements

Jumlah total nama domain menembus 252 juta pada kuartal keempat tahun 2012: ekstensi .com mencapai 106,2 juta nama

domain-name-top-tlds-verisign-q4-2012Pendaftaran nama domain baru saja merayakan ulang tahun ke-28 ketika Symbolics.com pertama kali di daftarkan pada tanggal 15 Maret 1985. Sejak itu perusahaan besar, kecil, maupun secara perorangan berlomba-lomba mendaftarkan alamat situs web mereka. Pendaftaran semakin melejit menjelang akhir tahun 1990-an ketika booming bisnis Internet mulai melanda di seluruh dunia, dimana mayoritas perusahaan memilih ekstensi .com sebagai alamat situs web.

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh Verisign, sebuah badan yang mengelola nama domain (terutama ekstensi .com dan .net), bahwa jumlah total nama domain sudah menembus 252 juta pada kuartal keempat (Oktober-Desember) tahun 2012. Secara keseluruhan, nama domain mengalami pertumbuhan sebanyak 6,1 juta nama atau meningkat sebesar 2,5 persen dari kuartal ketiga menuju ke kuartal keempat 2012. Dibandingkan akhir tahun 2011, nama domain mengalami peningkatan sebanyak 26,6 juta nama atau pertumbuhan 11,8 persen selama satu tahun.

Ekstensi .com paling banyak diincar oleh pendaftar nama domain. Sampai akhir bulan Desember 2012, sudah ada 106,2 juta nama domain yang memakai ekstensi .com. Gabungan ekstensi .com dan .net mencapai 121,1 juta nama. Kedua ekstensi ini mengalami pertumbuhan sebesar 6,4 persen dibandingkan akhir tahun 2011.

Setelah posisi puncak dipegang oleh .com, ekstensi yang masuk kategori top-10 terpopuler antara lain .de (Jerman), .net, .tk (Tokelau, nama domain yang diberikan secara cuma-cuma oleh kepulauan di Pasifik), .uk (Inggris), .org (untuk organisasi non-profit), .cn (negara China), .info, .nl (negeri Belanda), dan .ru (negara Rusia).

Salah satu indikator yang sangat menarik dari laporan Verisign terletak di halaman ketiga yang memberikan informasi yang cukup mendetail mengenai perkembangan ekstensi .com dan .net. Data ini mengungkapkan bahwa hanya 64 persen pemilik .com dan .net yang sudah menyediakan situs web dengan beberapa halaman. 21 persen hanya menyediakan situs dengan satu halaman. Sisanya 15 persen tidak menunjukkan aktivitas sama sekali di situs web. Jadi ada 36 persen ekstensi .com dan .net yang masih belum dikerjakan sama sekali. Boleh dibilang sebagian besar nama domain dari kelompok 36 persen tsb merupakan pendaftaran spekulasi. Demikian pula data ini memberikan harapan bagi perusahaan yang menyediakan layanan membuat situs web, dimana masih banyak usaha kecil yang membutuhkan layanan jasa membuat situs web.

(Image: Top TLDs by Zone Size, Q4-2012, Verisign’s report page 2)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] Domain ekstensi .com pertama yaitu symbolics.com didaftarkan pada tahun 1985. Sejak itu sudah lebih dari seratus juta nama domain ekstensi .com yang didaftarkan oleh perusahaan maupun individu di seluruh dunia. Mari […]

  2. […] oleh bisnis dan individu di seluruh dunia. Ekstensi .COM merupakan ekstensi yang paling populer dan sudah menerima pendaftaran sekitar 110 juta nama sejak pertama kali diluncurkan pada tahun […]

  3. […] dibandingkan dengan jumlah nama domain yang sudah terdaftar sampai akhir tahun tahun 2012, maka pendaftaran di seluruh dunia tumbuh sebanyak 18,5 juta nama selama pada tahun 2013, atau […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s