Advertisements

Recurly: platform untuk mengelola penagihan berlangganan perangkat lunak, media digital, layanan data, e-commerce

Recurly-logo-Seiring dengan kemajuan teknologi, maka saat ini sedang terjadi perubahan paradigma menjalankan bisnis di dunia teknologi. Dulu pelanggan membeli perangkat lunak, misalnya Microsoft Office 2010 dalam bentuk CD, kemudian dipasang ke komputer laptop dan desktop. Perangkat lunak Office biasanya hanya dipakai untuk jangka waktu pendek sebelum versi baru menggantikannya.

Sekarang pengguna cenderung berlangganan perangkat lunak, dengan membayar iuran bulanan atau tahunan, seperti perangkat lunak Office 365. Dengan cara ini, pengguna selalu menerima Office versi terbaru yang dapat di-download lewat Internet, sehingga tidak perlu pusing untuk memperbaruinya. Perubahan cara kerja ini menyebabkan banyak bisnis membutuhkan solusi untuk mengelola operasi penagihan berlangganan dari pengguna.

Recurly menyediakan platform untuk mengelola penagihan berlangganan. Perusahaan-perusahaan besar dan menengah memakai jasa Recurly untuk mengelola beribu-ribu akun, sehingga mereka dapat berkonsentrasi menciptakan produk dan layanan, daripada mengurus tagihan. Daftar pemakai platform ini termasuk perusahaan yang menyediakan layanan di sektor perangkat lunak, operator seluler, TV kabel, penerbit digital, dan toko online.

Recurly sudah melayani sekitar 1.700 pelanggan dan tersebar di 32 negara. Daftar klien termasuk AccuWeather, DishDigital, GigaOm, Groupon, JibJab Media, HubSpot, Asana, Optimizely, Twitch.tv, dan Zillow. Teknologi ini mampu mengolah 11 mata uang asing dan bermitra dengan 22 macam alat pendeteksi pembayaran.

Recurly meluncurkan layanan sejak bulan Januari 2010 dan berbasis di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $12 juta dollar yang didukung oleh Devonshire Investors dan Greycroft Partners. Sebelumnya pada putaran pertama (Seri A) bulan Januari 2012 sudah menerima sekitar $6 juta dollar yang didukung oleh Polaris Partners dan e.ventures. Bersama modal benih, maka total pendanaan sudah mencapai sekitar $20 juta dollar.

(Image: top right, Recurly logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s