Advertisements

Pangsa pasar pencarian, Januari 2015 di Amerika: Firefox mendongkrak Yahoo dengan ektra 1,2 persen, Google merosot

Sejak tanggal 1 Desember 2014, Yahoo diperbolehkan memasang mesin pencari di browser Firefox versi 34, yang merupakan hasil inovasi teknologi terbaru dari Mozilla. Tanggal istimewa ini merupakan awal mulainya perang antara dua raksasa teknologi di Silicon Valley, California. Penyulut perang bermula ketika Yahoo berhasil menjalin kemitraan dengan Mozilla pada bulan November. Perjanjian ini otomatis mendepak Google dari semua browser Firefox untuk jangka waktu lima tahun ke depan.

Tim kerja yang ditunjuk oleh CEO Marissa Mayer patut diberi dua jempol, karena mesin pencari Yahoo berhasil menambah 2,8 persen pangsa sejak bulan Desember. Menurut comScore, pangsa pasar Yahoo mencapai 13.0% pada akhir bulan Januari, dibandingkan hanya 10.2% pada akhir November 2014. Semoga angka 13, bukanlah angka yang tidak beruntung bagi Yahoo.

Perang antar departemen pemasaran juga terjadi, dimana pemasar Yahoo menyuruh pengunjung ke situs Yahoo untuk segera memperbarui browser mereka. Yahoo menyuruh pengunjung menggantikan Google Chrome dan Microsoft Internet Explorer dengan Firefox. Google juga tidak tinggal diam, selama bulan Januari mempublikasikan cara mudah untuk menghapus Yahoo dari Firefox.

Perang browser antara dua raksasa di Silicon Valley menyebabkan Google kehilangan momentum dan merosot di bawah 65% pangsa. Kayaknya Google belum pernah mencapai level ini selama sepuluh tahun terakhir ini. Jangan heran pasar saham Wall Street mulai kecewa dengan masa depan Google.

Pada akhir November, Google masih mencokol di posisi teratas dengan 67.0% pangsa pasar di Amerika. Kemudian Google hanya bertahan dengan 64.4% pangsa pada akhir bulan Januari, dibandingkan 65.4% pangsa pada akhir bulan Desember, atau merosot 1 persen. Ringkasnya, Google kehilangan total 2.6% pangsa sejak akhir November.

Kedudukan mesin pencari di Amerika masih belum berubah, Microsoft Bing berada di posisi nomer dua dengan 19,7 persen pada akhir Januari. Persentase Bing sama pada akhir bulan Desember. Sisa pangsa pasar mesin pencari sekitar 2.9 persen diraih oleh Ask dan AOL.

comScore-Explicit-Core-Search-Share-January-2015

(Image: bottom, comScore Explicit Core Search Share Report, January 2015)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] dimana Yahoo menjadi mesin pencari utama untuk browser Firefox terbaru. Dengan kerja-sama ini, Yahoo berhasil mencapai 13% pangsa pasar pencarian pada akhir bulan Januari 2015, dibandingkan hanya sekitar 10% pada bulan November 2014. Kemitraan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s