Narrative Science: membuat ringkasan dalam bentuk paragraf yang mudah dimengerti, setelah mempelajari angka

Narrative-Science-logoPerusahaan startup Narrative Science berprinsip bahwa sebagian besar pekerjaan rutin untuk menerangkan sesuatu dalam bentuk tulisan yang berdasarkan angka, dapat didukung dengan inovasi kecerdasan buatan. Misalnya, perusahaan mempekerjakan data analisis untuk membuat laporan keuangan kuartal, kantor berita menyajikan komentar hasil pertandingan sepakbola, dan perusahaan reksa dana membuat rangkuman tentang investasi bulanan.

Narrative Science percaya bahwa hampir semua tugas yang mengandalkan angka dan hanya memerlukan narasi, merupakan pekerjaan yang membosankan, dan tugas ini dapat dilakukan secara otomatis dengan perangkat lunak canggih. Narrative Science menganalisa angka dari laporan keuangan dan kemudian membuat ringkasan dalam bentuk kalimat dan paragraph yang mudah dimengerti. Demikian pula membuat rangkuman atas angka dan kemudian berbagi temuan dengan rekan-rekan satu kantor. Narrative Science juga bisa membuat komentar tentang skor suatu pertandingan olahraga dan kemudian disebarluaskan secara teks, misalnya lewat surat kabar dan majalah.

Dalam siaran persnya, Narrative Science mengumumkan bahwa startup ini telah menjalin kemitraan dengan organisasi USAA yang menyediakan asuransi, perbankan, dan investasi bagi pensiunan militer di Amerika. USAA menggunakan platform Narrative Science Quill yang memiliki kecerdasan buatan untuk menambahkan komentar, atau dalam bentuk paragraph, untuk memberi nasihat keuangan bagi 10 juta pensiunan militer dan anggota keluarga mereka.

Narrative Science didirikan pada bulan Januari 2010 di kota Chicago. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran ke-empat (Seri D) sejumlah $10 juta dollar yang diberikan oleh Sapphire Ventures (sebelumnya dikenal dengan nama SAP Ventures), Jump Capital, dan Battery Ventures. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal kerja lebih dari $32 juta dollar.

(Images: top right, Narrative Science logo; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] dengan platform yang dikenal sebagai Wordsmith. Cara kerja platform ini hampir mirip dengan Narrative Science yang sudah pernah di bahas […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s