Advertisements

Laporan dari E3 Expo di Los Angeles: dua raksasa teknologi meluncurkan game console baru, Sony PS4 dan Xbox One

E3-Expo-Sony-PS4-Xbox-One-Inovasi-Com-June-2013

Pameran gadget dan perangkat lunak untuk pecantu video game terbesar didunia dan konferensi Electronic Entertainment Expo (E3) dibuka secara resmi pada hari Selasa siang (Juni 11, 2013) dan berlangsung sampai hari Kamis sore (Juni 13, 2013) di kota Los Angeles. Ini merupakan pameran ke-17 kalinya di kota LA, dalam sejarah 19 tahun event ini. Penyelenggara memprediksikan ada lebih dari 40.000 peserta dan penjaga expo yang hadir tahun ini. Dengan suasana Hollywood dan cuaca cerah menjelang musim panas, peserta membanjiri kota terbesar nomor dua di Amerika dan mengisi lebih dari 30.000 kamar hotel yang tersebar dari pantai Santa Monica ke bukit kota Pasadena. Sejak Senin pagi semua jalan freeway di pusat kota LA terisi mobil dan menyebabkan kemacetan menuju jalan keluar ke tempat expo ini.

Yang paling menonjol pada acara E3 tahun ini adalah peluncuran game consoles dari dua raksasa di dunia teknologi, Sony dan Microsoft. Sony sudah membuka kartu tentang game console yang dinamakan PS4 pada minggu ketiga bulan Februari. Selang tiga bulan kemudian pada minggu ketiga bulan Mei, Microsoft memamerkan game console yang dinamakan Xbox One di markas raksasa perangkat lunak di dekat kota Seattle. Kedua game console ini memiliki kemiripan dalam hal specs, jumlah memori, microprocessor, dan kapasitas hard-drive. Sony PS4 dan Xbox One akan memakai 8-core microprocessor dari pembuat chip AMD, 8GB RAM, dan 500GB hard-drive.

E3-Expo-Sony-PS4-Xbox-One-Game-Consoles-Inovasi-Com-June-2013

Dari segi harga console, Sony lebih murah seratus dollar. Harga PS4 console hanya $399, sedangkan harga Xbox One adalah $499. Keunggulan Xbox One terletak pada alat controller yang dikenal dengan nama Kinect versi 2.0. Alat controller ini hanya menggunakan gerakan tangan dan tubuh, tanpa harus memegang perangkat pengerak ditangan. Untuk versi 2.0 akan dibantu dengan kontrol suara. Kinect 2.0 akan diberikan secara cuma-cuma kepada pembeli Xbox One.

Sony PS4 dan Xbox One diperkirakan akan mulai dijual satu minggu menjelang hari Thanksgiving Day, sekitar tanggal 15 November 2013 di Amerika. Kedua produk ini baru akan dijual di luar Amerika (Asia dan Eropa) setelah pertengahan tahun 2014.

Kedua console ini juga disediakan di ruang pamer untuk di uji coba oleh pengemar games yang datang dari seluruh dunia. Dari ruang pameran, pengunjung antri ingin mencoba console baru dengan dukungan beberapa penyedia game terkemuka. Ruang pameran Sony dihiasi dengan warna biru dan sorotan lampu warna merah, dengan TV HD layar ukuran besar. Ruang pameran yang disewa dengan ukuran sekitar setengah lapangan sepakbola. Dengan ukuran ruangan yang hampir sama, ruang pamer Xbox didominisi warna hijau dengan cahaya lampu sorot warna putih.

Selama E3 ini, kedua raksasa saling menjatuhkan satu sama lainnya dan mencari kelemahan musuh. Xbox One mengharuskan pengguna untuk selalu memiliki akses ke Internet, tetapi Sony PS4 tidak mengharuskan pengguna untuk tetap sambung ke Internet. Xbox One mengharuskan pembeli game dalam bentuk lisensi (bukan dalam bentuk piringn DVD). Sedangkan Sony PS4 membebaskan pengguna untuk tukar-menukar game dan menjual-belikan game.

Sebelum Xbox One akan diluncurkan akhir tahun 2013, game console Xbox 360 terus menerus menguasai pasar di Amerika, sedangkan game console lama Sony PS3 semakin merosot pamornya di Amerika. Mungkinkah PS4 akan mengembalikan kejayaan Sony? Marilah kita menyaksikan siapakah yang akan keluar sebagai pemenang menjelang akhir tahun 2013.

E3-Expo-Sony-PS4-Xbox-One-Gamers-Inovasi-Com-June-2013

(Images: top, Sony PS4 and Xbox One exhibition rooms; middle, Sony PS4 and Xbox One game consoles; bottom, gamers at Sony PS4 and Xbox One booths, photographed by Inovasi.com)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] game console seperti Sony PS3, Xbox 360, dan Wii U. Demikian pula game console yang akan datang Sony PS4 dan Xbox One. Platform ini diperuntukkan bagi pemain usia 6 tahun […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s