Advertisements

Soundhawk: perangkat nirkabel untuk meningkatkan pendengaran yang dapat dipasang atau ditempelkan di tubuh manusia

Soundhawk-logoPerusahaan raksasa seperti Google, Samsung, Apple, dan beberapa perusahaan startup semakin tergiur untuk mengembangkan inovasi teknologi yang dapat dipakai, dipasang, atau ditempelkan di badan manusia. Tahun 2013 akan dikenang sebagai tahun dimulainya pemasaran secara besar-besaran alat-alat yang dipasang di tubuh manusia dan terhubung dengan aplikasi dan perangkat lainnya, oleh perusahaan teknologi di Amerika.

Raksasa mesin pencari berhasil meluncurkan kacamata canggih yang dinamakan Google Glass, yang dapat merekam video, mengambil foto dan melakukan pencarian. Pabrik telepon genggam terbesar didunia berbasis di Korea Selatan meluncurkan Samsung Galaxy Gear pada bulan September lalu, dimana alat ini berfungsi sebagai ponsel pintar ukuran jam tangan yang dapat menjalankan aplikasi-aplikasi seluler. Selanjutnya beberapa perusahaan startup di Silicon Valley juga sedang berlomba-lomba meluncurkan produk untuk memantau kesehatan, menghitung jarak tempuh jogging, dan mengukur detak jantung, seperti, Fitbit, Jawbone Up, dan lain sebagainya.

Beberapa tahun terakhir ada sebuah startup di Silicon Valley yang secara diam-diam bekerja keras menciptakan perangkat nirkabel yang dapat dipasang atau ditempelkan di badan manusia, yang dikenal sebagai Soundhawk. Perusahaan ini diprakarsai oleh Dr. Rodney Perkins. Sebelumnya beliau dikenal sebagai pendiri California Ear Institute di Stanford, ReSound, EarLens.  Alat yang akan segera dipasarkan akan meningkatkan kemampuan pemakai untuk mendengar lebih jernih.

Dibandingkan dengan alat bantu dengar yang biasanya di pasang di lobang telinga dengan bantuan sebuah baterai kecil, Soundhawk memiliki keunggulan dari segi sinkronisasi antara perangkat dan aplikasi yang di kontrol dengan ponsel pintar (smartphone). Paduan antara perangkat dan aplikasi memungkinkan setiap pemakai untuk mengatur pendengaran dalam lingkungan suara yang halus sampai yang paling keras.

Soundhawk berbasis di kota Cupertino. Kantor pusat ini hanya dua blok dari markas perusahaan Apple di Silicon Valley. Hari ini Soundhawk mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $5.7 juta dollar yang dipimpin oleh True Ventures. Investor ini dikenal sangat ulung di Silicon Valley karena sudah menanam modal di perusahaan perangkat terkemuka seperti Makerbot dan Fitbit. Modal baru akan dipakai untuk mengembangkan produk dan mempercepat produk ke pasar, dimana produk sesungguhnya direncanakan dirilis sebelum pertengahan tahun 2014.

Soundhawk-homepage

(Images: top right, Soundhawk logo; bottom, Soundhawk homepage image via Facebook)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s