Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menempati posisi puncak daftar top-50 CEO yang paling disegani oleh karyawannya untuk tahun 2013

Bagi para profesional dan pencari kerja yang berbakat dan terampil, salah satu titik penentuan melamar pekerjaan di perusahaan yang dituju adalah mengetahui perilaku para eksekutif perusahaan tsb. Walaupun jumlah gaji juga sangat menentukan, salah satu pertanyaan yang selalu muncul sebelum melamar adalah apakah karyawan yang sudah bekerja di tempat tsb. setuju dengan cara kerja CEO yang memimpin perusahaan mereka. Minggu ini situs karir terkemuka Glassdoor merilis daftar top-50 CEO yang paling disegani oleh karyawannya untuk tahun 2013. Daftar CEO yang dipublikasikan Glassdoor didasarkan dari umpan balik yang dikumpulkan dari setengah juta ulasan karyawan perusahaan selama 12 bulan sepanjang tahun 2012.

Glass-door-highest-rated-CEOs-2013Pendiri Facebook Mark Zuckerberg berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam laporan untuk tahun 2013 ini. “Zuck” adalah panggilan nama singkat CEO jaringan terbesar di dunia ini. Bos yang suka memakai baju kaos t-shirt atau sweatshirt berwarna abu-abu dengan hoodie menerima rating persetujuan dari karyawan yang mencapai 99 persen. Yang paling berkesan tahun lalu adalah Zuck berhasil menciptakan ribuan jutawan pada tanggal 18 Mei 2012, ketika perusahaan yang berbasis di kota Menlo Park di kawasan Silicon Valley melakukan penawaran perdana alias IPO alais go-public. Bukan cuma itu saja, pengamat teknologi dan para analis perbankan menganggap Zuck sebagai pemimpin yang paling genius ketika berhasil mengakuisisi Instagram secara diam-diam tanpa diketahui oleh dewan komisaris. Instagram adalah aplikasi untuk mengambil foto dengan ponsel, diakusisi dengan nilai yang mencapai $1 miliar dollar pada awal bulan April 2012. Walaupun sempat dikecam karena memutuskan kemitraannya dengan Twitter menjelang akhir tahun 2012, ternyata jumlah pengguna Instagram semakin melejit dan sudah melampaui 100 juta pengguna setia di seluruh dunia. Seterusnya setelah go-public, Zuck semakin aktif untuk ikut andil mengembangkan layanan dan meluncurkan aplikasi baru (misalnya, Facebook Kamera) dengan sasaran pemakai perangkat mobile (ponsel pintar dan tablet).

Daftar top-50 CEO yang paling disegani oleh karyawannya untuk tahun 2013 sebagian besar diisi oleh pemimpin perusahaan teknologi yang berbasis di Silicon Valley. Mantan nomor satu CEO Apple Tim Cook terdepak ke urutan nomor 18. Banyak permasalahan yang sedang terjadi di dalam tubuh Apple sejak ditinggal oleh mendiang Steve Jobs pada awal bulan Oktober 2011. Tim Cook memecat beberapa eksekutif karena kesalahan aplikasi peta (maps). Demikian pula penjualan produk-produk terbaru (misalnya, iPad dan iPhone) tidak mencapai sasaran pasar yang menyebabkan nilai saham merosot tajam, dimana nilai perusahaan terhapus hampir $200 miliar dollar sejak bulan September 2012.

Pemimpin dari perusahaan pembuat microprocessor terkemuka untuk perangkat mobile, CEO Qaulcomm Paul Jacobs berada di posisi 8 dengan dukungan 95 persen. Pemimpin mesin pencari Google Larry Page menempati urutan nomor 11. CEO raja e-commerce Amazon Jeff Bezos berada di peringkat 16 dan dukungannya bertambah 13 persen dari tahun 2011. Sedangkan CEO raksasa perangkat lunak Microsoft Steve Ballmer dan CEO Hewlett-Packard (HP) Meg Whitman tidak masuk rangking Top 50. Yang menjadi sorotan untuk tahun depan (2014) adalah CEO Yahoo Marissa Mayer yang melakukan pekerjaannya cukup mengagumkan sejak diangkat menjadi pemimpin perusahaan pada musim panas 2012. Sejak hengkang dari Google, Mayer sering melakukan keputusan yang bersifat kontroversial, seperti menghapus system yang membiarkan karyawan bekerja dari rumah, dan memilih-milih sendiri pegawai baru berdasarkan status universitas mereka.

(Image: middle right, Glassdoor Top-50 Highest Rated CEOs for 2013)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] menyebut komplek perumahaan ini sebagai Zuckland karena mengambil nama panggilan “Zuck” dari pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan ditambah dengan nama taman hiburan Disneyland yang sangat terkenal di Amerika. Secara resmi, […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s