PeerSpace: menyediakan pasar pemesanan ruang kreatif untuk acara pertemuan jangka pendek di kota-kota besar

PeerSpace-logo-Supaya meningkatkan respon peminat dalam jumlah besar, banyak panitia menyelenggarakan acara pertemuan di tempat-tempat yang kreatif. Hal ini dilakukan supaya pengunjung tidak bosan mendatangi ruang konferensi yang sama.

Untuk mendukung kelancaran acara pertemuan di kota-kota besar, maka PeerSpace membangun inovasi pasar penyewaan ruang pertemuan yang unik dan bersifat jangka pendek. Startup ini menyediakan daftar gedung, ruang, studio, gudang, atau rumah yang kosong, yang dapat di pesan untuk ruang pertemuan, acara rapat, tempat pembuatan film, dan sebagainya.

Cara kerjanya, PeerSpace mengandalkan metode ekonomi berbagi (sharing economy). Bisnis model ini sudah dipakai oleh beberapa startup termasuk Airbnb dan lainnya.

Sejak diluncurkan, PeerSpace berhasil menarik minat pengguna di dua kota besar di Amerika, termasuk San Francisco dan Los Angeles. Pemesanan tempat pertemuan mengalami pertumbuhan sekitar 70 persen dari satu kuartal ke kuartal berikutnya. Bahkan secara keseluruhan, jumlah pemesanan pada tahun 2015 mengalami pertumbuhan sekitar 1.000 persen dari tahun 2014. PeerSpace menyatakan bahwa penyedia tempat sewa menerima uang sewa rata-rata $5.000 dollar per minggu.

PeerSpace didirikan di kota San Francisco pada bulan Oktober 2013. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $5 juta dollar yang diberikan oleh Foundation Capital. Bersama dana benih, maka startup ini sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $7,3 juta dollar. Dana segar akan dipakai untuk mengembangkan pasar ke kota New York dan kota-kota lainnya.

PeerSpace-homepage-(Images: top right, PeerSpace logo; bottom, PeerSpace homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s