Apple mengalahkan gugatan karyawan atas pemeriksaan tas, untuk memastikan tidak mencuri barang dari toko eceran

Apple-Store-Santa-Monica-California-inovasicomSebagian besar toko eceran yang menjual barang-barang berharga akan melakukan pemeriksaan terhadap karyawan yang membawa tas ketika mereka meninggalkan toko. Untuk mencegah pencurian, maka toko elektronik, komputer, dan aksesori milik perusahaan Apple juga melakukan pemeriksaan terhadap pekerja yang keluar toko untuk istirahat makan atau selesai bekerja.

Karena menghabiskan waktu antri antara 15 sampai 30 menit untuk setiap kali pemeriksaan, maka beberapa karyawan yang mewakili sekitar 12.000 karyawan toko eceran Apple mengajukan gugatan ke pengadilan di negara bagian California. Dalam gugatan ini karyawan meminta ganti rugi gaji yang hilang akibat waktu terbuang percuma di tempat pemeriksaan.

Akhir minggu ini, hakim federal di kota San Francisco memutuskan bahwa perusahaan Apple tidak ada keharusan untuk membayar karyawan. Kemenangan pelopor inovasi telepon genggam iPhone dalam gugatan ini, mencegah pembayaran gaji ekstra yang diperkirakan mencapai lebih dari $60 juta.

Menurut reuters.com, keputusan hakim federal berdasarkan peraturan perusahaan Apple yang tidak mengharuskan karyawan membawa tas ke tempat kerja. Hakim federal menyatakan bahwa karyawan yang tidak membawa tas tidak dikenakan pemeriksaan, sehingga mereka tidak kehilangan waktu untuk antri di depan petugas keamanan.

(Image: top right, Apple Store, Santa Monica, California, photographed by Inovasi.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s