Advertisements

Pangsa pasar ponsel pintar, bulan Desember 2014 di Amerika: platform Android 53.1 persen, Apple iOS 41.6 persen

Walaupun memecahkan rekor keuntungan terbesar dalam sejarah perusahaan pada kuartal Oktober-Desember 2014, perusahaan Apple masih belum berhasil mengambil alih pangsa pasar ponsel pintar dari saingannya Google Android pada akhir tahun lalu di Amerika. Malah ketika ponsel pintar iPhone versi 6 diluncurkan pada bulan September, banyak pengamat teknologi mempunyai keyakinan bahwa Apple akan segera menggeser kedudukan Android, tapi kenyataannya hal ini tidak terjadi.

Android-devices

Menurut perusahaan riset comScore, sampai akhir tahun 2014, ada 182 juta orang yang umur 13-tahun keatas sudah memakai ponsel pintar untuk melakukan komunikasi, chatting, nonton video, mengambil foto, akses web dan email. Penetrasi pasar ponsel pintar mencapai 74.9 persen pada bulan Desember, atau terjadi kenaikan sebesar 4 persen sejak bulan September.

Android masih berada peringkat pertama dalam hal platform smartphone pada bulan Desember dan meraih 53,1 persen pangsa pasar. Kalau dibandingkan tiga bulan lalu pada bulan September, ini terjadi kenaikan satu persen penuh. Sedangkan dibandingkan bulan November, ini berarti terjadi kenaikan 0.5 persen, dimana pada bulan tsb. Android meraih 52.6 persen pangsa pasar.

Apple masih tetap berada di posisi nomer dua dengan 41.6 persen pangsa pasar pada bulan Desember, dibandingkan 41.7 persen pada bulan September, atau terjadi penurunan 0.1 persen. Menjelang akhir tahun, peminat ponsel masih berduyun-duyun membeli iPhone versi 6 ukuran standar dan ukuran Plus.

Top-Smartphone-Platforms-December-2014

Microsoft mengambil 3.4 persen pangsa pasar pada bulan Desember, dibandingkan 3.6 persen pada bulan September, atau terjadi penurunan 0.2 persen.

BlackBerry hanya mampu bertahan dengan 1.8 persen pada bulan Desember, dibandingkan 2.3 persen pada bulan September, atau terjadi penurunan 0.5 persen. Masa depan platform ini sudah tidak tertolong lagi, walaupun BlackBerry sempat memperkenalkan dua macam ponsel pintar terbaru menjelang akhir tahun 2014, yang dikenal sebagai Passport dan Classic.

(Images: top center, Android devices; middle center, Top Smartphone Platforms by comScore)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] Pangsa pasar BlackBerry semakin merosot di Amerika. Sampai akhir tahun 2014 lalu, hanya 1.8 persen pelanggan ponsel pintar masih menggunakan perangkat buatan BlackBerry. Kebanyakan pengguna dari kalangan perusahaan besar dan pemerintah yang ingin menjaga keamanan data. Rencana untuk meluncurkan perangkat baru Passport dan Classic di Amerika pada akhir minggu ini sangat mustahil untuk mendongkrak pangsa pasar BlackBerry, karena sebagian besar pengemar setia sudah beralih ke perangkat lain, termasuk Samsung Galaxy dan Apple iPhone. […]

  2. […] selama tiga bulan memasuki bulan pertama tahun baru 2015. Tapi kalau membandingkan data antara bulan Desember dengan Januari, Android hanya meningkat 0,1 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s