Advertisements

Riff: menyatukan beberapa potongan video klip, mengajak teman menambah konten dan membuat video secara kolaboratif

Bertepatan dengan perayaan hari April Fools’ Day, jaringan sosial Facebook meluncurkan aplikasi baru untuk membuat video bersama teman-teman. Aplikasi ini mengandalkan inovasi teknologi video untuk perangkat mobile dinamakan Riff. Aplikasi ini hanya tersedia untuk ponsel pintar jenis iPhone dan Android.

Tujuan utama aplikasi ini untuk membantu pengguna ponsel menyatukan beberapa potongan video klip menjadi sebuah video panjang, yang kemudian dapat ditonton bersama teman-teman yang sudah memiliki akun Facebook. Ketika video dibagikan kepada teman-teman, mereka boleh menambah konten ke dalam video. Kehadiran Riff untuk membuka kesempatan bagi beberapa orang bekerja secara kolaboratif, sekaligus menciptakan video dengan topik yang sama. Klik disini untuk menonton sebuah video bertema “An American in Paris on Broadway” yang dipilih oleh tim kerja Facebook Creative Labs.

Riff-iOS-app

Aplikasi Riff dapat di-download dari toko Apple App Store atau toko Google Play. Aplikasi iOS versi 1.0.1 diperbarui pada tanggal 1 April 2015. Aplikasi iOS membutuhkan disk-space 8.0 MB. Saat diluncurkan sudah tersedia dalam bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Indonesia, Itali, Jepang, Polandia, Portugis, Spanyol, Thailand, Tionghua, Turki, dan Vietnam.

Setelah men-download aplikasi ini, pengguna boleh memulai dengan membuat video pertama sambil menentukan topik, seperti #pameranbunga atau #festivalmusik. Video ini kemudian di pasang di situs Riff, dimana teman-teman yang memiliki akun Facebook dapat menonton video ini. Seandainya teman-teman yang menonton video tsb. mempunyai minat yang sama, mereka boleh menambahkan video klip dengan topik yang sama. Kemudian setiap teman boleh berbagi video dengan jaringan teman-teman mereka. Teman dari teman lainnya boleh menambahkan video klip mereka, sehingga video ini akan menjadi panjang dan berantai di lingkaran teman-teman.

(Images: middle, Riff iOS app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s