Facebook segera membangun fasilitas data center senilai $1 miliar dollar di kota Fort Worth, negara bagian Texas

Facebook-data-center-TexasWalaupun Facebook belum mengumumkan secara resmi, beberapa surat kabar dan situs web terkemuka menyatakan bahwa jaringan sosial terbesar di dunia ini sudah mengajukan surat ijin pembangunan data center di kota Fort Worth, negara bagian Texas. Surat kabar setempat, The Dallas Morning News, menulis bahwa fasilitas pusat data tsb. senilai $1 miliar dollar dengan luas 750.000 kaki persegi atau sekitar 15 lapangan sepakbola.

Dalam laporan keuangan kuartal pertama tahun 2015 ini, Facebook mencatat lebih dari 1,4 miliar pengguna online dan mobile. Pertumbuhan jumlah pengguna yang pesat menyebabkan perusahaan ini terus menambah data center. Tahun 2011 sudah mengoperasikan data center di kota Prineville, Oregon. Kemudian dalam waktu dua tahun terakhir ini mengembangkan data center di kota Forest City, North Carolina; Altoona, Iowa; dan Luleå, Sweden.

Ketika memilih lokasi data center, perusahaan teknologi biasanya menggunakan beberapa metode pemilihan tempat secara strategis. Pertama, karena data center membutuhkan tenaga listrik yang besar untuk sistem pendingin, maka perusahaan teknologi akan mencari lokasi yang mampu mensuplai energi dengan biaya listrik lebih murah. Banyak perusahaan teknologi mengandalkan energi yang bisa diperbaharui dengan memanfaatkan tenaga air dari sungai, tenaga angin, dan tenaga surya.

Kedua, menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah supaya mendapatkan keringanan dalam hal pembebasan pajak properti untuk jangka panjang. Setelah Dewan Kota memutuskan untuk memberikan insentif ekonomi, maka perusahaan teknologi membayar retribusi ke kota. Di dalam kontrak, perusahaan yang mendirikan data center biasanya juga meminta pemerintah daerah meningkatkan fasilitas dan infrastruktur lokal, termasuk memperbaiki jalan menuju lokasi dan menambah petugas keamanan (polisi patroli).

Pemerintah negara bagian Texas terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan penduduk daerah, supaya mereka bekerja penuh di dunia teknologi. Dengan mengandalkan berbagai paket insentif ekonomi, pemerintah Texas memang terkenal sangat pandai mempermanis kesepakatan dengan perusahaan teknologi untuk mendirikan pabrik (seperti, Apple membangun fasilitas merancang microprocessor untuk iPhone di kota Austin), memperluas pusat data, memindahkan pusat layanan pelanggan, dan lainnya. Kehadiran Facebook data center akan memikat perusahaan teknologi lain untuk segera mempertimbangkan Texas sebagai lokasi ekspansi.

(Image: top right, Facebook Data Center, Fort Worth, Texas)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s