Advertisements

Ad Astra: Elon Musk ingin menciptakan bintang-bintang baru, merombak system pendidikan, dan mendirikan sekolah dasar

Elon_Musk_inovasicomDalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi BTV di Tiongkok, Elon Musk menyatakan bahwa dia sudah membangun sebuah sekolah dasar yang dinamakan Ad Astra, artinya “menuju bintang-bintang.” Sekolah SD ini menekankan pola pengajaran untuk memecahkan masalah. Guru tidak hanya menyediakan alat, tapi murid harus mencari solusi memecahkan masalah dengan menggunakan berbagai peralatan. Misalnya, membongkar sebuah mesin, mempelajari proses satu per satu, menemukan alat untuk membongkar, dan sekaligus merakit mesin kembali.

Elon Musk adalah CEO Tesla mobil listrik terkemuka, pendiri perusahaan peluncur roket dan pesawat luar angkasa SpaceX, dewan direktur pemasang panel tenaga surya SolarCity, pelopor sarana jaringan komunikasi global lewat satellite Space Internet, dan pencetus inovasi kereta penumpang cepat Hyperloop. Sejak penjualan mobil listrik semakin ramai di Amerika, Elon Musk merupakan tokoh terkemuka di dunia teknologi hari ini. Banyak pengamat menyatakan bahwa Elon Musk jauh lebih hebat dari Steve Jobs dan Bill Gates.

Dalam wawancara dengan televisi Tiongkok yang dipublikasikan lewat YouTube (tayangan di mulai pada hitungan menit ke-25), Elon Musk mengatakan bahwa sekolah Ad Astra hanya menampung 14 murid saat ini. Malah dia bersedia mengirim lima anaknya ke sekolah ini. Mereka bergabung dengan anak-anak dari karyawan SpaceX. Pada tahun ajaran baru yang akan dimulai nanti bulan September 2015, sekolah baru ini akan melakukan ekspansi untuk menerima pendaftaran 20 anak-anak.

Sekolah Ad Astra tidak memisahkan murid berdasarkan kelas dan umur. Semua murid mengikuti kelas yang sama, tetapi dipisah berdasarkan bakat. Setiap murid boleh memilih mata pelajaran yang cocok dengan kemampuan mereka, seperti bahasa Inggris, matematika, musik, dan lainnya.

Elon Musk terus menggali visi masa depan, seolah-olah idenya tidak pernah purna. Peluncuran sekolah Ad Astra membutuhkan dukungan finansial besar. Untunglah Elon Musk memiliki kekayaan berlimpah berkat keberhasilan mobil listrik Tesla. Tidak heran Elon Musk berani membayar mahal untuk merekrut guru hebat untuk mengajar anak-anak semasih usia muda.

(Images: top right, Elon Musk by Inovasi.com; bottom, click here to watch a YouTube video)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] Musk pendiri perusahaan mobil listrik Tesla membangun sebuah sekolah dasar Ad Astra di kota Los Angeles untuk membekali siswa sekolah dasar dengan ketrampilan khusus. Mantan eksekutif […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s