Advertisements

Sony PlayStation Vue: layanan TV berbasis cloud dengan menyediakan acara TV, siaran langsung, film dan olahraga

Sony-VueSemakin banyak pelanggan kabel TV membatalkan pembayaran iuran berlangganan bulanan di Amerika. Ada sebagian menyatakan bahwa mereka tidak ada waktu menonton TV, sedangkan ada sebagian lagi ingin mengirit anggaran rumah-tangga dan berpindah ke penyedia baru yang mengandalkan inovasi cloud lewat jaringan Internet.

Perusahaan raksasa elektronik Sony meluncurkan layanan baru yang dinamakan PlayStation Vue. Layanan ini menawarkan cara modern untuk menonton acara TV tanpa kabel tapi melalui jaringan Internet. Pelanggan tidak perlu lagi berlangganan kabel TV atau satellite, yang biasanya disediakan oleh operator seperti Comcast, TimeWarner, Dish, dan DirecTV.

Perusahaan berbasis di Jepang ini memakai bisnis model yang mirip dengan perusahaan satellite Dish yang meluncurkan Sling TV, perusahaan penyewaan video Netflix, dan raksasa gadget Apple TV. Layanan PlayStation Vue akan menawarkan berbagai acara TV, siaran langsung, film dan olahraga.

Keunggulan PlayStation Vue tidak mengharuskan pelanggan meneken kontrak jangka panjang. Kelebihan lainnya termasuk penonton boleh memilih acara TV favorit, melakukan penyimpanan acara TV lewat cloud dan ditonton kemudian.

PlayStation-Sony-E3-Los-Angeles-inovasi-comLayanan ini tersedia dalam tiga macam paket, harga terendah $50 dollar dan tertinggi mencapai $70 dollar per bulan. Saat peluncuran, semua acara dapat di tonton lewat TV, laptop, dan desktop. Sedangkan untuk perangkat mobile (ponsel pintar dan tablet), Sony masih sedang melakukan pengembangan aplikasi untuk layar sentuh supaya segera mendukung perangkat tablet Apple iPad.

Setiap paket memiliki minimal 50 saluran TV local dan nasional, seperti CBS, FOX, dan NBC. Disamping itu, daftar acara juga termasuk saluran populer seperti Discovery, FX, Fox News Channel, USA Network, Food Network, TNT, Nickelodeon, dan AMC. Sedangkan paket termahal akan mencakup saluran musik, keluarga, film dan olahraga.

Untuk memulai, pelanggan cukup men-download aplikasi ke mesin Sony konsol game, termasuk jenis PS3 atau PS4. Di dalam aplikasi sudah tersedia berbagai fitur untuk membantu pelanggan memilih acara TV favorit. Sayangnya ketika diluncurkan pada hari Rabu tanggal 18 Maret, hanya perusahaan ABC dan Disney yang belum bersedia bergabung ke dalam daftar stasiun-stasiun TV.

Untuk sementara PlayStation Vue hanya tersedia di kota besar di pantai timur Amerika, termasuk kota New York, Philadelphia, dan Chicago. Dalam waktu dekat akan melakukan ekspansi ke kota lainnya, terutama di pantai barat termasuk Los Angeles, San Francisco, dan Seattle.

(Images: top right, Sony PlayStation Vue; middle left, Sony PlayStation PS4 at E3 Los Angeles)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s