Advertisements

Pro (.com) memberitahu pemilik rumah perkiraan biaya untuk memperbaiki rumah dan menyediakan daftar kontraktor lokal

Pro-com-logoAda beberapa perusahaan startup yang didirikan di Amerika khususnya di kawasan high-tech Silicon Valley dan di kota teknologi Seattle, memakai bisnis model yang hampir mirip, yang mana semuanya ingin menyediakan layanan yang memudahkan konsumen. Bisnis model seperti memesan tempat duduk di restoran (contoh, OpenTable), menemukan sopir mobil pribadi (contoh, Sidecar, Uber atau Lyft), memanggil pembantu rumah tangga membersihkan rumah atau mencari suster untuk menjaga anak (contoh, GetMaid, UrbanSitter), dan mengumpulkan informasi tentang perbaikan mobil dan mencari montir ganti oli (contoh, YourMechanic).

Dengan mengandalkan bisnis model yang sama, minggu ini sudah diluncurkan sebuah perusahaan startup yang dikenal dengan nama Pro.com, yang ingin mencoba menyediakan layanan memperbaiki rumah semudah memesan makanan di restoran. Sebelumnya Pro.com dinamakan Seattle Home Pro, akan tetapi pendiri perusahaan Matt Williams berhasil mengambil alih alamat situs web keren dan mudah diingat Pro.com dari pemilik sebelumnya di Eropa. Pro.com bertujuan untuk menyederhanakan proses menemukan kontraktor lokal yang profesional untuk memperbaiki rumah, memberitahu kepada pemilik rumah perkiraan ongkos dan daftar bahan-bahan perbaikan rumah.

Pro-com-screenshot-desktop

Keunggulan Pro.com terletak pada fitur yang dinamakan “Prestimate” yang menawarkan perkiraan biaya perbaikan rumah secara instan. “Prestimate” akan menjadi merek dagang perusahaan startup ini. Kata “Prestimate” seolah-olah mencontoh layanan penilaian harga rumah dari situs web terkemuka Zillow.

Pro.com berbasis di kota Seattle. Bersamaan dengan luncurnya situs Pro.com, startup ini sudah menerima pendanaan awal sejumlah $3,5 juta dollar dari beberapa investor terkemuka, seperti Madrona Venture Group, Andreessen Horowitz, Redpoint Ventures, Two Sigma Ventures, Sherpa Foundry, dan Bezos Expeditions (perusahaan modal ventura milik pendiri Amazon Jeff Bezos). Setelah menerima modal awal, maka dalam waktu dekat akan menerima pendanaan putaran pertama (Seri A).

Pro-com-homepage

(Images: top right, Pro.com logo; middle, Pro.com Prestimate; bottom, Pro.com homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s