Advertisements

Pley: menyewakan LEGO set dengan iuran berlangganan secara bulanan, penyewa menerima mainan melalui paket pos

Pley-small-logoDengan kemajuan teknologi, anak-anak jaman sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di depan televisi, atau bermain dengan perangkat tablet iPad. Supaya anak-anak tidak pasif di depan layar komputer, banyak orangtua mencari alternatif lain untuk memperkaya kecerdasan anak-anak melalui mainan, seperti membangun kreativitas dengan menggunakan LEGO. Orangtua yang sayang anak seringkali menghabiskan ribuan dollar membeli beberapa set LEGO, tetapi tidak semua keluarga mampu karena terbatasnya anggaran rumah tangga. Demikian pula mainan baru akan diabaikan dan lama kelamaan bertumpuk di ruang keluarga.

Pley menyediakan layanan penyewaan mainan anak-anak yang bersifat pendidikan dengan harga terjangkau. Pley memungkinkan orangtua menyewa LEGO set, sambil membantu keluarga menghemat ratusan dollar per tahun untuk urusan mainan. Pley memungkinkan orangtua memilih berbagai macam LEGO set, seperti Star Wars, Batman, dan lain sebagainya. Pilihan-pilihan set ini disebut “pleylist” dengan harga berlangganan secara bulanan berkisar antara $15, $25, dan $39.

Pley-Lego-inovasi.com

Pley mengandalkan bisnis model ekonomi berbagi (sharing economy). Pelopor bisnis model ini adalah perusahaan penyewaan video Netflix yang mengirim piringan video DVD melalui pos. Sudah banyak startups yang mencontoh cara kerja Netflix dan dikembangkan untuk bisnis lainnya, seperti Entitle Books (tempat sewa buku), Rent the Runway (tempat penyewaan gaun), car2go (tempat sewa mobil), Scoot Networks (tempat sewa sepeda motor), dan lain sebagainya.

Untuk menjaga higienis dan kebersihan mainan setelah penyewaan selesai, Pley merancang suatu sistem untuk membersihan semua potongan LEGO. Alat pembersih ini sudah sesuai standar yang diberikan oleh lembaga Food and Drug Administration (FDA) Amerika. Selanjutnya, supaya lebih mudah menemukan potongan atau bagian dari LEGO yang hilang, Pley memakai alat timbang canggih yang menghitung setiap gram mainan kotak-kotak tsb.

Dalam sebuah blog post yang dipublikasikan pada tanggal 13 Maret 2014, Pley mengungkapkan bahwa dalam waktu hanya sekitar 9 bulan sejak diluncurkan, perusahaan startup ini mengalami pertumbuhan pesat. Sampai hari ini sudah ada 15.000 keluarga membayar iuran bulanan. Sedangkan departemen pengiriman sudah mengirim lebih dari 65.000 kotak mainan untuk para pelanggan lewat paket pos.

Pley didirikan di kota San Jose pada pertengahan tahun 2013. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama sejumlah $6,7 juta dollar yang dipimpin oleh Allegro Venture Partners. Pendukung modal lainnya termasuk Floodgate, Correlation Ventures, Maven Ventures dan Western Technology Investments. Bersamaan investasi baru tsb, startup ini mempersingkat nama perusahaan dari Pleygo menjadi Pley.

(Images: top right, Pley logo; middle, variety pieces of LEGO by Inovasi.com; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s