Advertisements

Scoot Networks: layanan sewa sepeda motor jenis skuter (scooter) bertenaga listrik di kota-kota besar di Amerika

Salah satu hambatan mengendarai mobil pribadi ke pusat kota besar di Amerika adalah mencari ruang parkir dan membayar ongkos parkir mobil yang sangat mahal. Ongkos parkir di pusat kota San Francisco, Los Angeles, New York, dan kota besar lainnya minimal $50 per hari.

Layanan terbaru dari perusahaan startup Scoot Networks ingin membuat kehidupan lebih nyaman di kota-kota besar di Amerika. Sepeda motor jenis skuter (scooter) bertenaga listrik, mudah diparkir dan ongkos sewa sangat murah per hari. Karena dijalankan dengan tenaga listrik maka Scooter lebih cinta lingkungan, bersih dan efisien. Kebutuhan ruang di jalan yang lebih kecil sehingga mengurangi macet di pusat kota.

Scoot-smartphone-activated

Keunggulan inovasi teknologi yang dikembangkan oleh Scoot Networks terletak pada cara mengaktifkan sepeda motor dengan menggunakan perangkat ponsel pintar (smartphone). Ponsel merupakan kunci untuk menyalakan sepeda motor dan ponsel harus di tancapkan di gagang setir (kemudi). Selanjutnya ponsel juga berfungsi sebagai dashboard dan sebagai alat pembayaran. Saat launching, Scoot hanya bekerja dengan perangkat yang dijalankan dengan system operasi Android dan Apple iOS. Keunggulan lainnya, setiap pengendara dilengkapi dengan helmet, asuransi, latihan mengendarai sepeda motor, dan tidak perlu memiliki SIM sepeda motor.

Ongkos sewa Scoot terbagi atas beberapa opsi. Opsi yang paling populer adalah membayar iuran bulanan $5 dan kemudian membayar $5 untuk menggunakan sepeda motor selama satu jam. Sedangkan untuk yang sering mengendarai scooter setiap hari dapat membayar iuran bulanan sebesar $29, dengan maksimal penggunaan selama 1 jam per hari. Scoot Networks juga membuka kesempatan kepada pengguna yang ingin menyewa scooter selama 1 bulan penuh dengan ongkos $185 per bulan.

Scoot Networks didirikan di kota San Francisco dan selama uji-coba “beta” hanya melayani kota kelahirannya saja. Sejak tanggal 20 November 2013 membuka kesempatan investasi kepada investor yang terakreditasi supaya mereka dapat melakukan investasi minimal ribuan dollar. Awal minggu ini mengajukan surat permohonan pendanaan kepada lembaga pertukaran saham milik pemerintah Amerika (SEC). Menurut dokumen SEC yang tertanggal 25 November 2013, perusahaan ini mencari dana sejumlah $2,6 juta dollar dan pada saat pengajuan surat sudah menerima $1,8 juta dollar, jadi masih kurang sekitar $800 ribu dollar.

Scoot-how-does-it-work

(Images: top, Scoot dashboard with smartphone-activated technology; bottom, Scoot homepage “How does it work?”)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] sektor bisnis. Berbagi kendaraan roda empat (Sidecar, FlightCar, Uber dan Lyft), sepeda motor (Scoot Networks), garasi (StowThat), gudang untuk penyimpanan barang-barang (SpareFoot), ruang rumah (Stash), dan […]

  2. […] ekonomi berbagi di industri lain yang sedang populer di Amerika, seperti penyewaan sepeda motor (Scoot Networks), garasi (StowThat), gudang (SpareFoot), ruang rumah (Stash), dan kamar tidur untuk berkencan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s