Advertisements

Nintendo membangun aliansi dengan DeNA untuk mengembangkan aplikasi video game untuk pengguna perangkat mobile

Nintendo-Dena-smart-devicesKalau tidak bisa mengerjakan sendiri, kenapa tidak merangkul orang lain? Perusahaan raksasa video game Nintendo dan perusahaan pencipta inovasi game untuk perangkat mobile DeNA, mengumumkan terjalinnya sebuah aliansi. Kemitraan antara dua perusahaan berbasis di Jepang akan mengembangkan aplikasi video game untuk pengguna ponsel pintar dan tablet. Aplikasi video game akan menggunakan hak cipta Nintendo, termasuk memakai karakter permainan terkemuka Mario, Zelda, Donkey Kong, Metroid, Pokémon, dan lain sebagainya.

Setelah mengalami kemerosotan penjualan konsol game Wii dan WiiU dalam waktu dua tahun terakhir ini, Nintendo akhirnya mengubah paradigma perusahaan dengan memperluas pasar ke pengguna ponsel pintar dan tablet. Nintendo akan menggunakan keahlian DeNA untuk memindahkan karakter dari konsol game (Wii, WiiU) dan portable genggam (3DS, DS), ke dalam bentuk permainan layar sentuh.

Nintendo-DeNA-partner-E3Eksekutif Nintendo berjanji bahwa perusahaan game ini masih terus meluncurkan produk baru untuk mendukung konsol game dan portable. Malah aliansi ini akan membangun platform game baru yang diberi nama “NX.” Rencananya platform ini baru akan diluncurkan tahun depan. Perkiraan sementara sekitar bulan Juni 2016, tepat acara konferensi game tahunan E3 di kota Los Angeles.

Dengan mencontoh kesuksesan Microsoft Xbox Live yang mengharuskan pemain game membayar iuran keanggotaan, Nintendo dan DeNA juga akan meluncurkan layanan keanggotaan online pada musim gugur tahun 2015 ini. Setiap pelanggan yang membayar iuran akan menerima akses ke berbagai game yang dapat dimainkan melalui ponsel pintar, tablet, komputer pribadi, konsol, dan portable.

Supaya saling mengikat dalam perjanjian ini, kedua perusahaan akan saling membeli saham senilai 22 miliar yen dari satu dan lainnya. Nilai saham Nintendo berkisar 1.24 persen akan diterima oleh DeNA. Sebaliknya Nintendo akan menerima sekitar 10 persen nilai saham dari DeNA.

(Images: top right, Nintendo and DeNA smart devices; middle left, Mario Live at E3, Los Angeles)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] menjalin sebuah aliansi dengan pencipta inovasi mobile gaming DeNA pada bulan Maret 2015, perusahaan game raksasa Nintendo […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s