Advertisements

Anak-anak dan remaja di Amerika berharap Santa Claus membawa kado Natal berisi perangkat dan gadget buatan dari satu perusahaan yaitu Apple

Walaupun nilai saham perusahaan perangkat dan gadget terbesar didunia sedang terpukul hebat beberapa minggu terakhir ini dan sudah merosot sekitar 25% dari harga tertinggi yang pernah dicapai sehari sebelum iPhone 5 diluncurkan, ada kemungkinan nilai saham perusahaan ini bakal terdongkrak oleh kelompok pembeli anak-anak dan remaja di Amerika. Mayoritas anak-anak dan remaja sangat berharap Bapak Santa Claus hanya perlu membawa kado Natal berisi perangkat dan gadget buatan perusahaan Apple.

Menurut laporan dari Nielsen sebuah perusahaan riset terkemuka di Amerika, popularitas Apple masih belum kendor menjelang musim belanja terbesar akhir tahun 2012 ini. Anak-anak usia 6 tahun sampai 12 tahun sangat tertarik dengan perangkat dan gadget yang dijalankan dengan sistem operasi Apple iOS daripada barang-barang elektronik dan game konsol buatan pabrik lainnya seperti Nintendo WiiU, Microsoft Xbox dan Sony PS3.

Hasil survei yang dipublikasikan oleh Nielsen berdasarkan “daftar keinginan” yang biasanya diantar oleh Bapak Santa Claus ke ruang tamu di rumah keluarga-keluarga di Amerika menjelang malam Natal tahun 2012, 48% anak-anak menyatakan keinginan mereka menerima Apple tablet jenis iPad berukuran layar besar. Setahun lalu minat terhadap iPad besar masih di sekitar 44%. Sedangkan minat terhadap iPad berukuran mini mencapai 36%. Apple iPod Touch disukai oleh 36%, sedangkan iPhone didambakan oleh sekitar 33% dari anak-anak di Amerika. Di peringkat top-5, barang yang bukan buatan Apple hanya ada satu yaitu game konsol buatan Nintendo. Perusahaan Jepang ini menawarkan konsol model terbaru Wii U, dimana ada sekitar 39% anak-anak ingin sekali memiliki konsol permainan ini.

Untuk pembeli dari kelompok remaja yang sudah berusia 13 tahun dan orang dewasa, mereka juga mendambakan tablet ukuran besar, tetapi mereka tidak terpaut dengan hanya satu merek (Apple). Hanya 21% yang berminat memiliki iPad ukuran layar besar, dibandingkan setahun lalu minat ini masih berkisar 24%, jadi terjadi sedikit kemerosotan dalam segi merek. Ada 18% remaja dan orang dewasa yang mendambakan tablet merek lain misalnya Amazon Kindle, Samsung Galaxy Tab dan Microsoft Surface. Sedangkan untuk ponsel pintar, hanya 14% remaja dan orang dewasa yang berminat memiliki iPhone. Demikian juga untuk iPad ukuran mini, hanya 11% remaja dan orang dewasa yang mendambakan perangkat tablet ukuran kecil. Remaja cenderung berpikir dengan urusan pekerjaan rumah dari sekolah karena mereka sangat berminat membeli perangkat komputer desktop dan laptop yang menduduki peringkat kedua dari “daftar keinginan” mereka untuk enam bulan kedepan. 19% dari kelompok pembeli ini berminat membeli komputer pribadi yang bisa dipakai untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah maupun berselancar didunia maya.

(Images: top, Nielsen “Interest in Buying in the Next 6 Months” for Kids aged 6-12 USA; bottom Nielsen “Interest in Buying in the Next 6 Months” for Persons aged 13+ USA)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s