Advertisements

Zimperium: melindungi perangkat seluler dari serangan hacker di tempat terbuka dengan jaringan Wi-Fi (bandara, kafe)

Zimperium-LogoBanyak orang melakukan perjalanan dengan pesawat terbang menjelang hari Natal dan Tahun Baru, kemungkinan besar mereka sedang berada di tempat transit di bandara, di kafe shop, atau di lobby hotel. Salah satu kelalaian yang dilakukan oleh pengguna perangkat seluler (misalnya, ponsel pintar dan tablet) adalah mengakses email akun bisnis melalui jaringan Wi-Fi di tempat umum. Kita selalu berasumpsi bahwa jaringan Wi-Fi di bandara akan aman untuk melindungi perangkat seluler dari serangan cyber, tapi ini adalah kesalahan besar.

Zimperium mengembangkan inovasi teknologi untuk melindungi perangkat seluler dari serangan hacker di tempat umum yang menyediakan jaringan Wi-Fi. Keunggulan Zimperium dengan menyediakan panel kontrol untuk admin IT supaya para teknisi bisa memantau perangkat seluler yang sudah terdaftar ke jaringan perusahaan.

Untuk melakukan pengecekan terhadap ancaman bahaya serangan sebelum menggunakan Wi-Fi di tempat umum, Zimperium meluncurkan aplikasi untuk perangkat seluler yang dikenal sebagai “zAnti.” Setelah men-download aplikasi ke perangkat seluler, pemilik ponsel dapat menguji jaringan sebelum mengakses akun bisnis mereka di tempat umum.

Salah satu sasaran pasar produk Zimperium adalah berfokus kepada karyawan perusahaan yang membawa perangkat komputer laptop, tablet dan ponsel pintar dari rumah ke tempat kerja, yang dikenal dengan istilah “bring your own device” (BYOD). Kelompok pekerja ini sering mengakses jaringan perusahaan di tempat umum, akan tetapi cenderung memakai perangkat yang tidak memiliki perlindungan dari ancaman serangan hacker.

Inovasi teknologi yang dikembangkan oleh Zimperium merupakan produk yang sangat penting untuk pekerja jaman sekarang yang memerlukan pertahanan untuk perangkat seluler yang mereka bawa sendiri dari rumah. Tidak heran produk ini memenangkan penghargaan sebagai “Startup of the Year” di negara Israel untuk tahun 2013.

Zimperium didirikan pada tahun 2011 oleh Itzhak “Zuk”Avraham, seorang ahli terkemuka yang punya segudang pengalaman menghadapi ancaman bahaya serangan dari hacker. Startup ini berbasis di kota San Francisco dan memiliki pusat riset di Tel Aviv, Israel. Menjelang akhir tahun 2013 ini, Zimperium mengumumkan penerimaan dana putaran pertama (Seri A) sejumlah $8 juta dollar yang dipimpin oleh Sierra Ventures.

Kini sudah saatnya pemilik perangkat seluler bertindak preventif untuk menghentikan serangan dari hacker ketika menggunakan jaringan Wi-Fi di tempat umum. Kemajuan teknologi perangkat yang diakses dimana-mana telah membuka peluang bagi hacker menembus bagian penting dari perusahaan (seperti, pusat data kartu kredit) ataupun lembaga penting pemerintah (seperti, pusat tenaga nuklir). Zimperium menyediakan teknologi pertahanan untuk perangkat seluler yang paling canggih yang tersedia hari ini. Di situs web Zimperium disediakan form pendaftaran bagi yang ingin melakukan uji-coba beta terhadap aplikasi canggih ini, sedangkan produk sesungguhnya baru akan diluncurkan pada tanggal 23 Januari 2014.

(Image: top right, Zimperium logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s