Advertisements

thredUP: menghemat biaya belanja baju wanita dan anak-anak bermerek favorit, juga boleh menjual pakaian untuk tunai

Perusahaan startup yang bergerak di dunia pakaian wanita dan anak-anak menjadi sorotan para investor ventura di Silicon Valley akhir-akhir ini. Kalau minggu lalu Threadflip menerima pendanaan sebanyak $13 juta dollar, maka minggu ini giliran thredUP mendapatkan $23 juta dollar sebagai modal kerja tambahan.

Hampir semua perusahaan startup yang bergerak di sektor pakaian wanita dan anak-anak yang sedang naik daun memakai bisnis model yang hampir sama, yaitu memperdagangan pakaian bermerek yang sudah pernah dipakai oleh orang lain, tapi masih kelihatan baru. Contoh startup seperti Tradesy, Poshmark, Threadflip, dan ThredUp. Perusahaan startup tsb. bertujuan memakai inovasi teknologi untuk menyegarkan lemari pakaian wanita dan anak-anak dengan cara menghemat biaya belanja. Selain itu, perusahaan tsb. juga menyediakan kenyamanan bagi pelanggan, supaya mereka lebih enak hidupnya. Para pembeli boleh berbelanja secara online dan tidak perlu meninggalkan rumah menuju ke mal.

Selanjutnya, startup-startup di sektor pakaian memakai metode yang sama dengan menawarkan jasa untuk mengambil pakaian bekas yang bermerek favorit di depan rumah pelanggan. Keuntungan bagi perusahaan startup, mereka rata-rata mengambil komisi penjualan sekitar 25 sampai 40 persen. Sedangkan bagi pelanggan, daripada pakaian lama bertumpuk di lemari, mereka menerima uang tunai untuk pakaian yang sudah tidak dipakai lagi.

thredUP menyediakan ribuan baju yang pernah dipakai tetapi masih kelihatan seperti baru. Startup ini memiliki satu tim kerja unggulan yang senantiasa memilih pakaian terbaik dan berkualitas tinggi yang kemudian dipajang di toko online. thredUP menyatakan bahwa toko online ini menjual pakaian bermerek favorit dengan harga diskon 90 persen dari harga aslinya.

thredUP menyediakan sebuah kantong dan meminta pelanggan untuk mengisi baju yang sudah pernah dipakai dan meletakkan kantong tsb. di depan pintu. Kemudian petugas kantor pos mengambilnya dan thredUP menanggung biaya pengiriman. Apabila ada barang yang terjual di toko online, maka pelanggan segera menerima bayaran uang tunai.

thredUP didirikan pada tahun 2009 dan berbasis di kota San Francisco. Pada tanggal 24 Juli ini mengajukan formulir pendanaan kepada komisi pertukaran saham SEC bahwa startup ini berencana mengumpulkan dana sejumlah $25 juta. Pada saat pengajuan formulir ini, thredUP baru berhasil mengumpulkan sekitar $23 juta dollar. Pendukung modal dari putaran sebelumnya, termasuk Highland Capital Partners, Trinity Ventures, dan Redpoint Ventures ikut berpartisipasi pada babak pendanaan ini.

Thred-Up-homepage

(Image: bottom, thredUP homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s