Advertisements

ResolutionTube: memanfaatkan perangkat seluler dan video chat untuk menemukan solusi memperbaiki mesin yang rusak

ResolutionTube-LogoTeknisi lapangan seringkali menghabiskan waktu berjam-jam mencari solusi memperbaiki mesin yang rusak atau peralatan gedung yang sedang rewel. Untuk memperbaiki mesin pemanas, ventilasi, dan alat pendingin udara di suatu gedung perkantoran, kadangkala teknisi sangat frustasi membuka buku manual atau menelepon pabrik pembuat mesin untuk menemukan solusi yang tepat .

Atas prakasa pendirinya Arnav Anand, ResolutionTube berhasil menemukan cara baru untuk menangani mesin yang rusak di lapangan. ResolutionTube mengandalkan kombinasi perangkat ponsel pintar (smartphone) dengan kamera resolusi tinggi dan mendulang data dari komputer untuk menyediakan layanan memperbaiki mesin yang rusak. Teknisi lapangan menerima bantuan secara instan lewat video, sehingga mempercepat menyelesaikan pekerjaan. Ini akan memberikan kepuasan kepada pemilik gedung yang sedang mengalami masalah.

Keunggulan ResolutionTube terletak pada aplikasi untuk ponsel pintar yang menghubungkan teknisi lapangan dengan insinyur atau tenaga ahli di lokasi lain. Dengan kemajuan inovasi teknologi video dan suara (video chat), maka pekerja di lapangan dapat berkolaborasi dengan teknisi yang sedang duduk di kantor untuk melakukan konsultasi membahas berbagai isu, sambil menemukan cara terbaik untuk memperbaiki mesin yang rusak. Keunggulan lainnya, selama melakukan konsultasi dengan insinyur atau tenaga ahli, maka semua informasi dapat direkam (misalnya dengan menggunakan kacamata Google Glass). Rekaman video dapat digunakan di tempat lain ketika teknisi lapangan menghadapi masalah yang sama dan ingin memecahan isu yang akan datang.

ResolutionTube berbasis di kota Seattle. Menjelang akhir minggu lalu, startup ini mengumumkan penerimaan pendanaan awal sejumlah $1,5 juta dollar yang dipimpin oleh Madrona Venture Group. Pendukung modal lainnya terdiri atas Acceleprise Ventures dan investasi perorangan dari bekas eksekutif perusahaan teknologi terkemuka. Madrona Venture Group merupakan investor yang bertangan dingin karena merupakan salah satu investor awal perusahaan e-commerce Amazon pada tahun 1990-an.

(Image: top right, ResolutionTube logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s