Pangsa pasar ponsel pintar platform, bulan Juni 2014 di Amerika: Android 51,9 persen, Apple iOS 42,1 persen

Laporan bulanan tentang pangsa pasar ponsel pintar platform di Amerika yang ditunggu-tunggu oleh para pengamat teknologi dan investor Wall Street sudah dipublikasikan oleh perusahaan riset comScore, Inc. pada tanggal 6 Agustus ini. Sampai akhir bulan Juni 2014, sudah ada 173 juta orang di Amerika yang memakai ponsel pintar untuk melakukan aktivitas percakapan telepon, mengirim SMS texting, membalas chatting, mengambil foto, membaca buku, mengunjungi situs jaringan sosial, bermain games, dan mencari informasi lalu-lintas dan peta kota.

Penetrasi pasar ponsel pintar di Amerika sudah mencapai 71,6 persen pada bulan Juni, dibandingkan dengan sekitar 67 persen pada bulan Maret (atau terjadi kenaikan lebih dari 4 persen). Sedangkan penetrasi pasar ponsel pintar pada bulan Mei sudah mencapai 70 persen (atau terjadi peningkatan 1,6 persen).

Top-Smartphone-Platforms-June-2014Seperti biasanya, laporan comScore selalu menggunakan patokan perbandingan antara bulan terbaru dengan 3 bulan sebelumnya. Platform ponsel pintar yang diciptakan oleh raksasa mesin pencari Google atau dikenal dengan nama Android masih tetap berada di ranking pertama sebagai platform yang disukai oleh orang Amerika. Android meraih pangsa pasar 51,9 persen pada bulan Juni 2014, dibandingkan dengan 52,2 persen pada bulan Maret 2014 (atau turun sebanyak 0,3 persen). Sedangkan dibandingan dengan bulan Mei, Android meraih 52,1 persen pangsa pasar (atau berkurang 0,2 persen).

Pangsa pasar ponsel pintar platform iOS yang diciptakan oleh perusahaan Apple berada di posisi nomor dua dengan mengambil 42,1 persen pangsa pasar pada bulan Juni 2014, dibandingkan dengan 41,4 persen pada bulan Maret 2014 (atau terjadi peningkatan 0,7 persen). Dibandingkan dengan bulan Mei, iOS meraih 41,9 persen pangsa pasar (atau naik 0,2 persen).

Pangsa pasar Apple diperkirakan akan terus menanjak untuk bulan-bulan yang akan datang, karena banyak pengguna sedang menunggu peluncuran iPhone 6 yang mengandalkan inovasi teknologi layar anti-gores, processor cepat, dan aplikasi kesehatan. Menurut pengamat teknologi, iPhone 6 akan tersedia dalam bentuk dua model, dengan layar 4,7 inci dan 5,5 inci. Produk terbaru ini akan dikirim ke rumah pelanggan sekitar tanggal 19 September. Karena perbedaan pangsa pasar antara Android dan iOS hanya sekitar 10 persen, maka tidak lama lagi Apple bisa mengambil alih posisi puncak ponsel pintar platform di Amerika.

Walaupun banyak pengamat meramalkan bahwa system operasi Windows Phone yang diciptakan oleh raja perangkat lunak Microsoft akan mendominasi pangsa pasar ponsel pintar platform di seluruh dunia setelah pertama kali dipasarkan pada bulan Oktober 2010, tetapi kenyataannya ramalan ini belum tercapai sampai pertengahan tahun 2014 ini. Windows Phone tetap berada pada posisi nomer tiga dan hanya berhasil mengambil 3,4 persen pangsa pasar pada bulan Juni 2014, dibandingkan dengan 3,3 persen pada bulan Maret 2014 (atau terjadi kenaikan 0,1 persen). Akan tetapi proporsi ini tidak berubah dibandingkan dengan bulan Mei 2014.

Perusahaan pencetus system operasi ponsel pintar, BlackBerry, yang berbasis di negara Kanada belum mampu mengembalikan masa kejayaannya. Pangsa pasar BlackBerry terus merosot setiap bulan dan hanya mampu meraih 2,4 persen pangsa pasar pada bulan Juni 2014, dibandingkan dengan 2,7 persen pada bulan Maret 2014 (atau turun 0,3 persen). Kalau dibandingan bulan Mei ketika BlackBerry mengambil 2,3 persen pangsa pasar, maka perusahaan Kanada ini mulai mengalami pertumbuhan sedikit demi sedikit, atau terjadi kenaikan 0,1 persen dari Mei menuju Juni.

(Image: middle left, Top Smartphone Platforms by comScore, June 2014)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] merebut pangsa pasar ponsel pintar hanya tinggal dua platform, Android dan iOS. Perkembangan selama beberapa bulan terakhir ini menunjukkan bahwa kedudukan iOS terus menanjak, sebaliknya Android mulai kehilangan momentum. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s