Advertisements

Pangsa pasar ponsel pintar, bulan Juli 2014 di Amerika: sistem operasi Android 51,5 persen, Apple iOS 42,4 persen

Data terbaru dari comScore membuktikan keberhasilan perusahaan raksasa teknologi Apple melakukan serangkaian promosi sejak awal bulan Juli 2014. Promosi hadiah gift card kepada mahasiswa yang membeli produk buatan Apple yang dikenal dengan “Back to School” berhasil meraup satu persen pangsa pasar ponsel pintar pada bulan Juli di Amerika.

System operasi iOS meningkat menjadi 42,4 persen pada bulan Juli, dibandingkan dengan 41,4 persen pada bulan April, atau terjadi kenaikan sebanyak 1 persen penuh. Kedudukan Apple akan semakin kuat di Amerika untuk beberapa bulan ke depan, ketika perusahaan berbasis di Silicon Valley akan meluncurkan iPhone versi 6 pada tanggal 9 September minggu depan. Pengguna yang antusias sudah mulai antri di depan toko Apple di kota-kota besar di Amerika, seperti New York dan Los Angeles, untuk memperebutkan telepon genggam versi terbaru ini.

Top-Smartphone-Platforms-July-2014

Android masih menduduki posisi pertama dalam hal platform untuk ponsel pintar. Sistem operasi yang diciptakan oleh raksasa mesin pencari Google mengambil pangsa pasar 51,5 persen pada bulan Juli, dibandingkan 52,5 persen pada bulan April. Android kehilangan 1 persen pangsa pasar dari April ke Juli. Jenjang perbedaan antara system operasi iOS dan Android hanya terpaut 9 persen.

Perusahaan perangkat lunak Microsoft masih terus bekerja keras memasarkan telepon genggam versi Lumia setelah mengakuisisi pelopor ponsel berbasis di Eropa, Nokia, tahun lalu. Usaha pemasaran dengan harga diskon besar selama musim panas tahun ini membuahkan hasil yang cukup gemilang. Sistem operasi Windows Phone mengambil 3,6 persen pangsa pasar atau naik 0,3 poin sejak bulan April.

Pangsa pasar system operasi BlackBerry terus merosot dan mencapai 2,3 persen pada bulan Juli, dibandingkan dengan 2,5 persen pada bulan April, atau turun 0,2 persen selama tiga bulan terakhir ini.

Persaingan merebut pangsa pasar ponsel pintar hanya tinggal dua platform, Android dan iOS. Perkembangan selama beberapa bulan terakhir ini menunjukkan bahwa kedudukan iOS terus menanjak, sebaliknya Android mulai kehilangan momentum. Produk-produk terbaru dari Apple (seperti, iPhone 6) yang akan diluncurkan pada bulan September ini akan mendukung ambisi iOS untuk merebut pangsa pasar yang lebih besar pada bulan-bulan yang akan datang.

(Image: middle, Top Smartphone Platforms by comScore, July 2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s