Bridj: layanan bis kota untuk 15 orang yang memiliki rute sama, atau rute fleksibilitas sesuai kebutuhan penumpang

bridj-logoDalam waktu dua tahun terakhir ini sudah ada beberapa startup yang menyediakan layanan berbagi tempat duduk di sebuah kendaraan beroda empat di kawasan Silicon Valley dan di kota-kota besar seperti San Francisco, Seattle, Los Angeles, New York, dan Boston. Perusahaan startup yang lagi trendi termasuk Sidecar, Uber, Bla Bla Car dan Lyft.

Layanan baru yang dikenal sebagai ridesharing menawarkan transportasi lebih murah daripada naik taksi. Perusahaan startup mengandalkan inovasi teknologi pemesanan yang dilakukan melalui aplikasi ponsel pintar. Keuntungan bagi pengguna termasuk mendapatkan jemputan secara cepat dekat tempat tinggal mereka.

bridj-bus-miniStartup Bridj memakai bisnis model yang hampir sama dengan Sidecar, Uber, dan Lyft, tetapi melihat terbatasnya jumlah tempat duduk di setiap mobil. Bridj meluncurkan layanan dengan mengandalkan aplikasi ponsel pintar dan sekaligus membangun sebuah armada yang terdiri atas mini-bus untuk 15 orang penumpang. Setiap mini-bus dilengkapi dengan akses wi-fi dan tempat duduk yang nyaman.

Cara kerjanya, setiap penumpang cukup memasukan informasi ke aplikasi mengenai lokasi tempat asal mereka, tempat tujuan, dan waktu keberangkatan. Secara instan, Bridj mengirimkan informasi mengenai tempat penjemputan terdekat dan jadwal keberangkatan mini-bus.

Dengan mengandalkan data yang dikumpulkan dari setiap penumpang, Bridj mempelajari setiap rute penumpang. Kesimpulan dari semua data kemudian menemukan beberapa rute yang dapat digunakan secara berulang-ulang, yang mana akhirnya menjadi jalur tetap seperti jalur bus kota. Bridj juga melayani rute fleksibilitas sesuai kebutuhan penumpang.

Bridj sedang melakukan uji-coba di kota Boston. Sambil mempelajari data penumpang, startup ini berencana untuk mengembangkan bisnis ke kota-kota lain di Amerika. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan benih sejumlah $4 juta dollar yang didukung oleh Atlas Ventures, NextView Ventures, Suffolk Equity, dan Freshtracks Capital.

(Images: top right, Bridj logo; middle left, Bridj mini-bus via Facebook; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s