Mau ganti iPhone baru setiap tahun? Perusahaan raksasa Apple menawarkan angsuran $32 per bulan selama dua tahun

iPhone-upgrade-programPresentasi produk-produk Apple terbaru yang dilakukan oleh CEO Tim Cook dan beberapa top eksekutif tidak mengejutkan banyak orang. Sejak Steve Jobs meninggal dunia tahun 2011, perusahaan raksasa Apple sulit menyimpan rahasia produk yang akan diluncurkan. Hampir semua informasi tentang produk dan fitur-fitur baru yang disampaikan di Bill Graham Civic Auditorium di kota San Francisco pada tanggal 9 September 2015, sudah diulas oleh para pengamat dunia teknologi dan penulis bloger terkemuka selama satu bulan terakhir ini.

Ada satu inovasi layanan yang selama ini tidak pernah diketahui oleh orang luar. Apple sekarang menjadi penjual ponsel pintar generasi terbaru, dimana pembeli boleh membayar handset secara angsuran setiap bulan. Bisnis model dan cara pembayaran cicilan dirintis oleh T-Mobile pada tahun 2013 lalu. Operator seluler nomor tiga terbesar di Amerika memperkenalkan Jump, kemudian ditiru oleh Verizon dan AT&T.

iPhone6s-Apple-Store-Santa-Monica-inovasi-comLayanan baru yang dinamakan iPhone Upgrade Program, memungkinkan pelanggan mengganti iPhone setiap tahun. Sesuai dengan keinginan pelanggan terhadap model handset dan kapasitas penyimpanan (16 GB, 64 GB, atau 128 GB), maka mereka akan membayar antara $32 sampai $45 per bulan untuk iPhone 6s atau iPhone 6s Plus. Pelanggan akan melakukan pembayaran selama dua tahun, atau bisa merubah kontrak cicilan setelah satu tahun. Dengan biaya sebesar ini, Apple juga menambahkan layanan ekstra asuransi yang dikenal dengan AppleCare+. Jaminan asuransi ini akan menanggung kerusakan internal dan external, baik sengaja maupun tidak sengaja (seperti, jatuh dan kaca layar pecah, mengganti baterai yang cacat, dan lainnya).

Pembeli akan menerima handset yang tidak dikunci. Kebebasan ini memungkinkan pelanggan boleh berpindah operator seluler sewaktu-waktu. iPhone yang dibayar secara cicilan dapat disambungkan ke jaringan nirkable milik operator seluler AT&T, Verizon, T-Mobile, dan Sprint.

Sebagai pendatang baru yang akan mengurusi angsuran pembayaran, maka kehadiran raksasa Apple akan memperketat persaingan dengan operator seluler lainnya. Setiap operator harus pandai merubah bisnis model, sekaligus bisa mempertahankan pelanggan mereka untuk jangka panjang.

Peminat dapat mendatangi toko Apple Store yang terletak di beberapa mall besar di kota Los Angeles, seperti Century City, The Grove, Santa Monica 3rd Street Promenade, dan lainnya. Bagi peminat yang lebih suka berbelanja online, mereka dapat memesan lewat situs iPhone Upgrade Program, mulai tanggal 12 September 2015, pukul 00:01 subuh Waktu Pasifik.

(Images: top right, iPhone Upgrade Program; middle left, Apple Store Santa Monica by Inovasi.com)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] baru saja menyelenggarakan acara besar dengan memperkenalkan iPad Pro, iPhone 6s, TV dan layanan angsuran pada awal minggu ini. Pengamat teknologi tidak terlalu berminat mengulas produk baru, mereka lebih […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s