Advertisements

Pijon: layanan berlangganan berupa kotak perawatan mahasiswa berisi camilan, peralatan pembersih, kebersihan pribadi

Pijon-logoKebanyakan perguruan tinggi di Amerika memulai tahun ajaran baru pada minggu ketiga atau keempat bulan Agustus. Untuk menyenangkan hati para mahasiswa yang sudah meninggalkan rumah dan bermukim di perumahan kampus, maka sekarang ada cara mudah bagi orangtua untuk tetap terhubung dengan anak-anak mereka. Perusahaan startup Pijon menawarkan kejutan dalam bentuk sebuah kotak berisi barang dan makanan yang menyenangkan dan berguna bagi mahasiswa, seperti makanan camilan, peralatan pembersih, dan perawatan kebersihan pribadi.

Tim kerja Pijon cukup berpengalaman dengan kehidupan kampus dengan memilih 5 sampai 6 macam produk yang sangat menarik yang dimasukkan kedalam sebuah kotak dan dikirim ke kamar mahasiswa setiap bulan. Pijon berusaha memberikan kejutan yang disesuaikan dengan jadwal mahasiswa untuk setiap semester. Misalnya, untuk tahun ajaran baru, mahasiswa akan dikirimi produk yang membantu mereka mengenal tempat baru supaya bisa mudah beradaptasi dengan lingkungan kampus mereka. Sedangkan pada semester akhir, kiriman kotak akan berisi camilan yang kaya vitamin dan minuman ringan yang mengandung kafein untuk mahasiswa belajar menghadapi ujian akhir.

Dengan menyediakan layanan mengirimkan barang dalam sebuah kotak setiap bulan, Pijon mempunyai sasaran pasar secara eksklusif bagi mahasiswa. Sedangkan sasaran pembeli termasuk para orangtua, opa-oma, paman-bibi, saudara, teman-teman lama yang rumahnya terletak jauh dari kampus. Tujuan utama Pijon supaya para pembeli bisa menunjukkan rasa peduli mereka terhadap kehidupan mahasiswa dengan mengirimkan sebuah kotak istimewa setiap bulan.

Pijon-box-of-goodsPembeli boleh memesan kotak untuk jangka waktu satu kali setiap bulan dengan harga $29. Untuk berlangganan selama satu semester (4 bulan), setiap kotak harganya $27. Sedangkan berlangganan untuk dua semester (8 bulan) dikenakan biaya $25 per kotak atau total $200.

Bisnis layanan berlangganan yang dikirim dalam sebuah kotak sedang berkembang pesat di Amerika dan di Eropa dalam waktu dua tahun terakhir ini. Kotak berisi makanan ringan sudah diluncurkan oleh raksasa toko serba-ada Walmart yand dikenal dengan Goodies, kotak berisi makanan sehat diedarkan oleh NatureBox, kotak berisi peralatan kecantikan disediakan oleh Birch Box, FabFitFun, Julep, dan layanan sebagainya.

Pijon didirikan awal tahun 2013 dan berbasis di kota New York City. Sampai saat ini Pijon masih belum mengumumkan pendanaan modal usaha startup ini. Bisnis model Pijon boleh dibilang sangat kuat karena banyak orangtua yang mampu tetapi tidak ada waktu memilih makanan ringan dan barang yang cocok dan trendi untuk anak-anak mereka. Disamping itu, dengan mengirimkan kado kecil setiap bulan, orangtua juga ingin terus menjalin hubungan erat dengan anak-anak mereka. Pasar untuk melayani kalangan mahasiswa dan orangtua masih terbuka luas. Salah satu kegiatan Pijon yang paling berkesan adalah pemilik usaha ini bersedia memberikan sebagian keuntungan (5 persen) untuk disumbangkan kepada yayasan amal.

(Images: top right, Pijon logo via Facebook; middle left, sample of a Pijon Box with several products)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] antara $10 sampai $50 per bulan. Contoh layanan berlangganan bulanan seperti Birchbox, Julep, Pijon, FabFitFun, NatureBox, dan lain […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s