Advertisements

Julep: startup kecantikan dan produk kosmetik dengan merek sendiri untuk poles kuku, perawatan kulit, produk mandi, dan make up, menerima dukungan investasi yang dipimpin oleh pemodal ventura terkemuka Andreessen Horowitz sejumlah $10.3 juta dollar

julep-logoPerusahaan startup yang saat ini dilirik oleh Andreessen Horowitz, pemodal ventura terkemuka berbasis di Silicon Valley yang bertangan dingin, adalah Julep. Startup ini mengalami pertumbuhan pesat sejak didirikan enam tahun lalu oleh Jane Park di kota Seattle dengan mengandalkan produk kecantikan dan kosmetik merek sendiri. Jane Park adalah mantan eksekutif dari perusahaan kedai kopi bergengsi Starbucks yang juga bermarkas di kota Seattle. Malah pada mulanya, Julep menerima dukungan modal dari Maveron, sebuah pemodal ventura milik Howard Schultz, CEO Starbucks.

Dibandingkan toko kecantikan lainnya yang memasarkan berbagai merek barang dari beberapa pedagang, keistimewaan Julep terletak pada sisi produk kecantikan dan kosmetik berkualitas tinggi dengan mengandalkan merek sendiri. Julep memproduksi dan menjual poles kuku, perawatan kulit, produk mandi, peralatan make up, dan lain sebagainya. Julep juga menyediakan situs web toko online sehingga mengirit biaya operasi perusahaan karena tidak melibatkan toko secara fisik. Untuk memajukan e-commerce, Julep memanfaatkan jaringan media sosial untuk pemasaran.

Julep-products
Sebelum produk kecantikan dan kosmetik dikemas dan dijual ke khalayak umum, Julep memanfaatkan empat butik perawatan kuku di wilayah Seattle untuk melakukan uji-coba dan menjalin hubungan dengan para pelanggan. Keahlian yang diperoleh di butik digabungkan dengan kemahiran di jaringan media sosial untuk menuai pendapat khalayak ramai dalam rangka pengembangan produk. Koneksi ini membantu Julep menciptakan produk-produk kecantikan yang disukai pengguna. Dengan sistem kerja semacam itu, Julep berhasil memperkenalkan lebih dari 50 produk baru pada tahun 2012. Boleh dibilang satu produk baru diluncurkan setiap minggu. Julep berprinsip bahwa kekuatan merek sendiri bisa dibangun secara online.

Julep juga mengikuti strategi e-commerce yang sangat popular hari ini dengan menawarkan layanan berlangganan untuk pengguna di dunia kecantikan. Bisnis model ini dikembangkan oleh Birchbox dalam waktu dua tahun terakhir ini dengan mengirimkan sebuah kotak ke langganan setiap bulan. Kotak ini berisi barang-barang kosmetik ukuran kecil sebagai bahan uji-coba, apabila pelanggan suka, mereka boleh kembali ke situs web untuk berbelanja lebih banyak. Dibandingkan dengan Birchbox yang memungut iuran $10 per bulan, Julep meluncurkan pola berlangganan yang dinamakan Maven dengan iuran sebesar $20 per bulan. Pelanggan akan menerima beberapa botol produk kecantikan bermerek Julep dalam ukuran standar, yang diisi didalam sebuah kotak dengan jasa pengiriman melalui kantor pos.

Bukan hanya berhasil menggandeng pemodal bergengsi Andreessen Horowitz yang bersedia menanam modal sejumlah $10.3 juta dollar minggu ini, Julep juga berhasil merangkul beberapa selibriti untuk menulis cek kepada perusahaan startup ini. Pendukung modal terbaru termasuk Troy Carter (manager penyanyi pop terkenal Lady Gaga), suami istri Will dan Jada Pinkett Smith (aktor film action terkemuka di Hollywood), Jay-Z (penyanyi rapper dan suami penyanyi cantik Beyonce yang mengadakan konser besar di Super Bowl di kota New Orleans awal bulan Februari 2013).

(Images: top, Julep logo; middle, Julep brand for beauty products; click here to watch a video intro)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] diedarkan oleh NatureBox, kotak berisi peralatan kecantikan disediakan oleh Birch Box, FabFitFun, Julep, dan layanan […]

  2. […] berkisar antara $10 sampai $50 per bulan. Contoh layanan berlangganan bulanan seperti Birchbox, Julep, Pijon, FabFitFun, NatureBox, dan lain […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s