Advertisements

Cavendish Kinetics: inovasi prosesor dengan mekanik kecil, meningkatkan kualitas daya tangkap frekuensi radio ponsel

cavendish-kinetics-logo-Seiring dengan kemajuan inovasi smartphone, maka handphone generasi empat (4G LTE) harus mampu mendukung sekitar 40 jenis band spektrum yang dioperasikan oleh ribuan mobile operator di seluruh dunia. Sedangkan ponsel jenis lama generasi tiga (3G) biasanya hanya mendukung sekitar lima band spektrum.

Cavendish Kinetics berprinsip bahwa prosesor (chips) yang ada di pasar barang-barang elektronik masih memiliki kelemahan karena menggunakan teknologi silicon. Prosesor ini kurang praktis untuk menangkap frekuensi radio, terutama prosesor yang dipasang untuk perangkat handphone 4G LTE.

Dengan kemajuan inovasi layar sentuh, maka pembuat perangkat ponsel (misalnya, Samsung, Apple, HTC, Xiaomi) cenderung meluncurkan ponsel pintar lebih tipis. Karena tipis, maka mengakibatkan antenna yang dipasang di ponsel modern memiliki daya tangkap frekuensi radio lebih jelek daripada ponsel lama yang berukuran tebal.

Cavendish Kinetics menciptakan prosesor dengan perangkat mekanik kecil yang dikenal sebagai “radio frequency micro-electro-mechanical systems” (RF MEMS). Kehadiran alat mekanik kecil memberikan kekuatan untuk meningkatkan kualitas daya tangkap frekuensi radio ponsel hampir 10 kali lipat.

Dalam rangka menyongsong kehadiran handphone generasi lima (5G), para insinyur Cavendish Kinetics sedang bekerja keras untuk menciptakan prosesor yang lebih canggih supaya dapat menangkap frekuensi radio dari berbagai jenis band spectrum. Untuk mempercepat pengembangan inovasi prosesor dan meningkatkan kualitas daya tangkap dan fungsi antenna, maka Cavendish Kinetics membutuhkan modal kerja lebih besar.

Cavendish Kinetics berbasis di kota San Jose, California dengan kantor cabang di Dallas (Texas), Tiongkok, Korea Selatan, dan Belanda. Minggu ini mengumumkan penerimaan modal ventura sebesar $36 juta dollar. Pendukung modal termasuk Qualcomm Ventures, Tallwood Venture Capital, dan Wellington Partners. Sejak didirikan, Cavendish Kinetics sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $68,5 juta dollar.

(Image: top right, Cavendish Kinetics logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s