Advertisements

LoopPay: menjadikan ponsel sebagai alat bayar, pedagang masih bisa menerima bayaran dengan terminal pembayaran lama

loop-wallet-app-Pelanggan yang ingin menggunakan ponsel sebagai alat pembayaran masih menghadapi banyak tantangan. Selain belum ada platform dan perangkat lunak yang standar, penyebab utama adalah tidak semua pedagang bersedia memasang satu set terminal pembayaran modern hanya untuk menerima pembayaran dari ponsel. Sebaliknya hampir semua pedagang memasang terminal pembayaran yang dapat membaca pita magnetik kartu kredit, yang mana pelanggan biasanya menggesekkan kartu kredit mereka.

Pendiri LoopPay menemukan ide bisnis dengan memanfaatkan terminal pembayaran yang sudah ada di toko. Pedagang tidak perlu melakukan investasi mesin baru. LoopPay mengandalkan inovasi teknologi yang dinamakan Magnetic Secure Transmission atau disingkat MST.

loop-app-devices-LoopPay menciptakan semacam chip seperti kartu SIM ponsel yang sangat tipis. Dengan menggunakan sebuah alat membaca kartu kredit, chip ini menyimpan informasi pengguna. Kemudian semua infomasi disimpan secara aman di aplikasi ponsel yang dinamakan LoopWallet, yang dapat menyimpan info tentang kartu kredit, kartu identitas, kartu club, kartu diskon, dan lainnya. Ketika pelanggan ingin membayar di kasir, mereka cukup menyentuh layar ponsel, memilih kartu kredit yang mau dipakai, dan seketika itu teknologi MST mentransmisikan informasi ke alat pembaca magnetik kartu kredit di terminal pembayaran di toko.

Untuk sementara ada dua opsi menggunakan LoopPay. Chip MST dapat tertanam di pembungkus pengaman ponsel yang juga berfungsi untuk menyediakan ekstra baterai. Opsi kedua, berupa alat kecil seperti gantungan kunci yang dinamakan Fob. Pelanggan cukup menekan tombol Fob ketika ingin membayar di kasir.

Menjelang akhir minggu ini, startup LoopPay mengalami terobosan terbesar dalam sejarah perusahaan yang didirikan pada tahun 2013 lalu di kota Boston, Massachusetts. Penyedia kartu kredit terbesar di dunia Visa, bersedia menanam modal di usaha ini. Sayangnya dalam siaran persnya (.pdf format), jumlah dana dan kemitraan tsb. tidak diungkapkan secara terperinci.

Dua minggu lalu LoopPay menerima modal kerja tambahan sejumlah $3 juta dollar dari pemodal ventura Synchrony Financial. Menjelang akhir tahun 2013 lalu, startup ini menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $10 juta dari Beta Fund. Total modal kerja yang sudah dikumpulkan ada sekitar $13 juta dollar.

(Images: top right, LoopWallet app; middle left, LoopWallet credit cards; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s